Panitia Seleksi Sekda Karawang Tetapkan Tiga Terbaik Siap Dipilih

PELITAKARAWANG.COM – Setelah melalui berbagai tahapan seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupatan Karawang akhirnya Panitia Seleksi mengumumkan 3 (tiga) calon terbaik dari delapan pelamar pada hari Jumat (29/3) melalui Pengumumannya Nomor 07/PANSELJPT/III/2019 tanggal 29 Maret 2019.

“Alhamdulillah, tiga nama Terbaik hasil seleksi telah saya terima dari Pansel” kata Cellica Nurrachadiana, Bupati Karawang. “Pansel Sekda sangat profesional dan independen, seluruhnya berasal dari unsur ekternal (akademisi dan praktisi dan dari provinsi), saya memastikan tidak ada intervensi dalam pelaksanaan seleksi ini, bahkan di tahapan terakhir yaitu tes paparan dan wawancara dilaksanakan secara live streaming melalui FB dan IG. Saya ucapkan terima kasih kepada Pansel yang telah bekerja luar biasa dan juga kepada seluruh peserta seleksi” tambah Cellica.

Panitia seleksi telah melaksanakan seluruh tahapan seleksi dari proses pengumuman dan pendaftaran (11 s.d. 25 Februari 2019), Seleksi Administrasi (22 s.d 28 Februari 2019), Tes Kesehatan (5 Maret 2019), Tes Penulisan Makalah (11 Maret 2019), Tes Kompetensi (19 Maret 2019), terakhir tes Paparan/Wawancara (26 Maret 2019) dan pengumuman hasil akhir seleksi (29 Maret 2019), sesuai dengan rencana kegiatan seleksi terbuka yang disampaikan ke KASN. 

Pelaksanaan Seleksi tidak menggunakan sistem gugur, oleh karenanya seluruh peserta seleksi mengikuti setiap tahapan seleksi. Pengumuman tahap akhir seleksi ini tidak diurutkan berdasarkan peringkat, namun diurutkan berdasarkan abjad, sesuai dengan ketentuan penjelasan ayat (2) pasal 121 PP 11 Tahun 2017.  

Prof. Dr. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi, Ketua Panitia Seleksi mengatakan Panitia Seleksi dalam menetapkan tiga terbaik melalui penilaian komulatif yaitu tes Kompetensi dengan bobot 40%, tes Paparan/Wawancara dengan bobot 30%, tes penulisan makalah dengan bobot 20% dan tes Rekam Jejak Jabatan dengan bobot 10%.

“Berdasarkan laporan dari Pansel, skor akhir dari tiga terbaik ini sangat bagus, kompetitif dan bedanya sangat tipis. Hal ini menunjukan bahwa tiga terbaik ini mempunyai kompetensi yang relatif sama” lanjut Cellica.

Setelah Panitia Seleksi menyampaikan hasil seleksi tersebut kepada Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian berupa 3 (tiga) peserta dengan nilai terbaik sesuai amanat ayat (3) pasal 121, dan Pasal 127 PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, Tugas Pansel sudah selesai. Selanjutnya, Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) memilih 1 (satu) dari 3 (tiga) nama calon pejabat pimpinan tinggi pratama dimaksud. Khusus untuk pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang memimpin Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota sebelum ditetapkan oleh Bupati/Walikota dikoordinasikan dengan Gubernur selanjutnya dikoordinasikan dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Pelaksanaan pelantikan Sekda Terpilih menyesuaikan dengan proses konsultasi tersebut.

“Sesuai amanat UU ASN dan PP Manajemen PNS, saya selaku Pejabat Pembina Kepegawaian mempunyai kewenangan untuk memilih satu dari tiga nama terbaik tersebut. Semua memiliki peluang yang sama, ini pilihan yang berat, saya akan istikharah, minta petunjuk kepada Allah SWT untuk memilih calon terbaik dan mampu membantu saya dan Wakil Bupati, membawa Karawang lebih baik dan lebih maju dalam mewujudkan target-target RPJMD tahun 2016-2021” pungkas Cellica.
Diberdayakan oleh Blogger.