Pemda Karawang Segera Luncurkan Program Pare Anyar dan Ini Akibatnya Bagi PNS Buruk Kinerjanya

PELITAKARAWANG.COM– Aplikasi e-Kinerja yang diimplementasikan di lingkungan Pemkab Karawang dinamakan PARE (Performance Agrrement Report by Elekronik). Aplikasi versi pertama telah diimplementasikan mulai pertengahan tahun 2017 sampai dengan saat ini, namun versi ini sebenarnya hanya transisi untuk membiasakan PNS menggunakan aplikasi. Sehingga sedang dikembangkan aplikasi PARE terbaru yang sesuai dengan konsep Pedoman Penilaian Kinerja PNS yang diatur dalam Peraturan Bupati Karawang Nomor 40 Tahun 2018.

Dalam Peraturan Bupati tersebut, Penilaian kinerja PNS yang dituangkan dalam SKP tahunan harus berdasarkan perjanjian kinerja(PK), dan perjanjian kinerja berdasarkan rencana kerja yang telah final. Konsep penilaian tersebut bertujuan untuk mengintegrasikan penilaian kinerja perangkat daerah dengan kinerja pegawai yang dituangkan dalam SKP tahunan, mengingat selama ini antara SKP (Rencana Kinerja Pegawai) tersebut dengan rencana kerja perangkat daerah banyak yang tidak bisa disajikan keterhubunngannya bahkan mismatch.

Konsep yang dituangkan dalam Versi terbaru, distribusi pekerjaanya dilakukan secara top-down berdasarkan rencana kerja yang sudah final. Pejabat Pengawas dan/atau pelaksana membuat rencana aksi setiap kegiatan dalam satu tahuan.

Rencana kerja perangkat daerah akan menjadi SKP tahunan dan perjanjian kinerja sedangkan eencana aksi akan menjadi SKP vulanan. Sedangkan untuk pelaporan bulan dilakukan secara bottom-up, artinya pejabat Pengawas dan/Pelaksana yang membuat capaian laporan bulanan setiap bulannya dan capaian bulanan atasan merupakan komulatif dari capaian bawahan, sehingga apabila ada pekerjaan bawahan yang tidak tercapai atau kurang akan berpengaruh terhadap besaran TPP bulanan atasannya.

Alur kerja pare Versi“’Pare’ anyar ini didesian ulang agar perencanaan dan pelaksanaan kinerja pegawai berkontribusi langsung dalam pencapaian kinerja organisasi.

Kami ingin mengintegrasikan penilaian prestasi kinerja PNS dengan AKIP yang pengaturannya berbeda namun seharusnya datanya sama. Mudah-mudahan konsep ini mendukung Kabupaten Karawang meningkatan nilai AKIP ditahun mendatang” Kata H.Asep Aang Rahmatullah, Kepala Badan Kepeggawaian dan Pengembangan Kompetensi Kabupaten Karawang,pada usai memimpin briefing staf di Ruang Rapat BKPSDM Kabupaten Karawang.

Pada saat entry di versi yang baru, data yang sangat dibutuhkan adalah renja, pohon kinerja dan data personal di simpeg sudah update sesuai dengan peta jabatan. Oleh karena itu agar setiap perangkat daerah termasuk Kecamatan mulai menyusun data tersebut, mengaupdate data personal dan peta jabatan di dalam simpeg, agar pada saatnya nanti tidak menjadi kendala. 

PARE versi baru akan diimplementasikan paling lambat pertengahan tahun ini, karena merupakan amanat dari Peraturan Bupati Karawang Nomor 40 Tahun 2018,tukas Kepala BKPSDM Karawang.(red).

Tidak ada komentar