Purwajaya Jadi Desa "Saking Cinta" Tempuran

PELITAKARAWANG.COM - Upaya meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara, pada 4/3 yang di peringati sebagai Hari Kanker Dunia,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang mengadakan pencanangan kegiatan Inovasi deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara yaitu Desa "Saatnya Skrining iva dengan cara Inspeksi Organ Wanita (Saking Cinta)  yang melibatkan 50 Puskesmas untuk menunjuk satu desa/RW unggulan dalam pelayanan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara, salah satunya Desa Purwajaya, Kecamatan Tempuran.

Programmer Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Tempuran, Amirin Bukhori mengatakan, dipilihnya Desa Purwajaya sebagai sasaran sosialisasi pencanangan desa inovasi "saking cinta", karena desa ini dianggap mampu memobilisasi masyarakatnya untuk melakukan pemeriksaan IVA misalnya. 

Dengan tambahan sosialisasi, masyarakat di sadarkan untuk lebih detail mengetahui gejala kanker. "Purwajaya di pilih, di harapkan jadi pionir kesadaran masyarakat dalam mendeteksi kanker, " katanya.


Camat Tempuran, Suwandi, berharap,  bagi desa yang ditunjuk sebagai sasaran sosialisasi dan pencanangan inovasi desa ini,  pemerintah desa dan kader posyandu agar menjadi pionir dalam mendeteksi dini masyarakat yg terindikasi kanker. Khusus masyarakat, sebutnya, diharapkan agar lebih pro aktif baik dalam mengetahui gejala kanker maupun konsultasi dengan petugas medis terdekat." Semoga jadi pionir dalam mendeteksi kanker di lingkungannya , " pungkasnya.

Tidak ada komentar