Ajengan Wawan : Golput dan Politik Uang Haram !

Karawang- Fenomena setiap menjelang pemilu, identik dengan maraknya perilaku Golput dan Politik uang. Menyikapi itu, masyarakat muslim di Karawang, di wanti-wanti untuk menghindarinya, karena kedua sikap tersebut di hukumi secara syariat haram.

Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Burhan Desa Lemahduhur Kecamatan Tempuran, KH Sofwan Abdul Ghoni mengungkapkan, fenomena golput hendaknya di hindari, karena tuntunan nabi memilih pemimpin itu wajib. Apabila kita bepergian bertiga,  maka angkatlah salah satu diantara yang bertiga itu pemimpin bagi yang lainnya, begitupun dua orang maka salah satu dari dia orang itu harus jadi pemimpin yang satunya lagi. Hal ini merupakan cerminan bahwa Saking pentingnya ada pemimpin dalam islam,  sehingga Rosululloh memerintahkan seperti itu. " Tentu saja golput diharamkan dalam hal ini, " katanya.

Disinggung politik uang, Kiai yang akrab di sapa Ajengan Wawan ini menambahkan, bahwa mempengaruhi pilihan dengan uang, jelas hukumnya haram. Maka, masyarakat diharapkan bisa menghindarinya dan bertawakkal kepada Allah. Yakinkan, bahwa semua manusia dicukupkan rejekinya walau tidak mrnerima itu. Hanya saja, diakui Wawan, fenomena ini susah, apalagi jika berhadapan dengan orang susah yang juga butuh uang. "Mempengaruhi pilihan dengan uang, jelas haram, " tandasnya. (Rdi).

Tidak ada komentar