Berhalangan, Siswa Bisa UNBK di Luar Sekolah

PELITAKARAWANG.COM - Selama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di gelar 1 - 5 April mendatang, siswa peserta yang berhalangan hadir karena sakit, kecelakaan dan alasan lain yang di syaratkan, bisa ikut UNBK di luar sekolah, seperti Lapas, Rumah Sakit, dan fasilitas lainnya.

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Tempuran, Syahrudin S.Pd mengatakan, sebelum siswa peserta UNBK yang mendadak sakit, kecelakaan dan misalnya di tahan polisi saat pelaksanaan UNBK di syaratkan untuk ikuti UNBK susulan. Kecuali, sebut Syahrudin, siswa yang berhalangan itu sudah melaporkan 2 Minggu sebelum pelaksanaan UNBK, maka saat UNBK di gelar, baru di perbolehkan mengerjakan soal UNBK berupa print out setiap harinya di fasilitas kesehatan, lapas maupun rumah. Selain itu, tidak bisa dilakukan dan harus susulan. 

"Yang bisa UNBK di Rumah Sakit dan Lapas misalnya, itu hanya bagi siswa yang sudah melapor 2 Minggu sebelum UNBK, kalau sekarang berhalangan, apapun alasannya gak bisa, harus ikut yang susulan, " ujarnya. 


Kebetulan, siswa SMAN 1 Tempuran dengan jumlah peserta 329 dengan 2 shift ini hadir full semua. Pelaksanaanya di awasi pengawas silang antar SMA. Tapi, kalau ada yang UNBK di luar sekolah karena alasan laporan itu, maka selain di awasi guru yang harus datangi ke fasilitas kesehatan atau lapas, juga diberikan pendampingan oleh perawat Rumah Sakit, dan aparat kepolisian kalau di lapas. Hasilnya, pas hari terakhir, di sampaikan kepada panitia lokal. 

"Hasilnya nanti di serahkan ke panitia lokal, khusus yang izin itu, " pungkasnya. (RDi)

Tidak ada komentar