Isi Soal Sambil "Ngasuh" Anak Saat UNBK Paket C

PELITAKARAWANG.COM- Semangat warga belajar Paket C mendapatkan Ijasah, begitu tinggi. Memiliki anak masih balita, tidak menjadi soal dibawa saat belajar, bahkan disela-sela mengisi soal UNBK di ruangan laboratorium Komputer sekalipun. 

Semangat ini, di dasari dari kegigihan para pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam meyakinkan pendidikan kesetaraan bagi warga yang belum terlayani, baik putus sekolah karena keterbatasan ekonomi, eks siswa Drop Out (DO) maupun lainnya.

Karwati (34) misalnya, peserta Paket C UNBK di SMAN 1 Tempuran asal Purwajaya. Dirinya putus sekolah, karena lulus SMP memilih tidak melanjutkan ke jenjang SMA/SMK, karena alasan keterbatasan ekonomi yang di miliki orangtua. Hasrat ingin berpendidikan, tentu sangat di harapkannya. Karena itu, lama tidak bersekolah, dirinya masuk ke PKBM Nurul Huda Desa Purwajaya di usia yang tidak lagi muda. Tapi, keinginan memiliki ijasah kesetaraan ditempuhnya agar bisa diterima bekerja dan keperluan lainnya. "Saya dulu gak lanjut sekolah, karena alasan Ekonomi, " katanya.

Karwati menambahkan, UNBK di gelar Jumat ini sampai Senin lusa, dirinya yang sudah menikah dan di karuniai putera, tidak patah arang mengerjakan soal UNBK walaupun anak semata wayangnya ikut masuk ruangan kelas saat dirinya menginput jawaban soal. Sama sekali, sambung Karwati anaknya tidak banyak mengganggu, karena saya bosan bersamanya di dalam ruangan, ada ayahnya di luar yang menunggui setiap hari. Yang pasti, dirinya ingin tuntaskan belajar di paket C agar bisa mengantongi ijasah dengan beragam keperluan."Anak ikut kedalam ruangan, gak di larang sih, gak banyak ganggu juga karena tidak rewel, " pungkasnya . (Rdi).

Tidak ada komentar