Langgensari Wakili PKK Cilamaya Kulon

Karawang. - Setelah Desa  Kiara yang hanya mendapat gelar juara harapan di tahun 2018 lalu, giliran Desa Langgensari yang menjadi wakil Kecamatan Cilamaya kulon dalam lomba evaluasi penilaian 10 program PKK tahun ini. Bersama tim Pokja 1, Ketua PKK Kabupaten Karawang, Hj Ida Zamakhsyari garap penilaian lomba kaum ibu di Dusun Pasirkukun.

Ketua PKK Desa Langgensari, Ennur Nurul Izzah mengatakan, dalam lomba evaluasi 10 program PKK tingkat Kabupaten ini, dirinya menghaturkan terima kasih atas kepercayaan pihak Kecamatan yang menunjuk desanya sebagai wakil yang dilombakan. Kesempatan ini tidak disia-siakannya, karena memang Desa ini banyak prestasi yang berkaitan dengan Kelompok Kerja (Pokja) penilaian, mulai dari Pokja 1 sampai Pokja 4. Pihaknya sambung Ennur, memiliki Pos Pelayanan Terpadu dan menjadi tempat setiap pelayanan masyarakat, disamping juga getol memberikan sosialisasi dan penyuluhan PKK kepada setiap pengajian ibu-ibu Majelis taklim.Dirinya bangga, sebab selama setahun terakhir tidak ada laporan masyarakat melakukan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan kriminal lainnya di internal keluarga, karena sosialisasi pola asuh anak dan kerukunan keluarga secara masif tersampaikan. Begitupun Posyandu, PHBS dan lainnya, banyak diantara program PKK ini diakui dan mendapatkan prestasi terbaik ditingkat Kecamatan dan Kabupaten. "Insya Allah dari 10 kriteria itu, bisa dipenuhi karena Kiara ini konsen dengan program-program PKK dan kerapihan administrasinya," pungkasnya.

Ketua TP PKK Karawang, Hj Ida Zamakhsyari mengungkapkan, lomba 10 kriteria PKK ini bukanlah menjadi momen saling menyalahkan dan menyudutkan kekurangan dari wakil desa di setiap Kecamatan, tapi sebatas mengevaluasi saja, sebab dalam lomba ini garaannya lebih pada pendekatan pembinaan, sehingga hasil evaluasi tersbut bisa lebih baik lagi dimasa-masa mendatang untuk disempurnakan. "Lomba PKK bukan ajang menilai kekurangan desa dan program PKK, tapi lebih pada pembinaan agar lebih baik lagi," pungkasnya.

Kades Langgensari, Entang Syatori mengatakan, dalam lomba PKK ini, pihaknya sudah ditunjuk pihak Kecamatan jauh-jauh hari sebagai wakil di tingkat Kabupaten. Dirinya bersama PKK Desa Langgensari, ploating Dusun Pasirkukun sebagai lokasi garapan penilaian evaluasi 10 program PKK. Termasuk diantaranya, Tanaman Obat (Toga) dan juga rumah sehat. Pihak Desa sebut Entang, tidak muluk-muluk menargetkan gelar juara, karena bisa ditunjuk sebagai wakil Kecamatan saja, baginya sudah di apresiasi. Karena, yang di persiapkan dalam lomba ini, sudah matang. "Bisa ikut saja sudah Alhamdulillah, soal Juara itu kewenangan tim 1, " ungkapnya.(red).

PROGRAM POKOK PKK

- Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

- GotongRoyong

- Pangan

- Sandang

- Perumahan dan Tata Laksana Rumah - Tangga

- Pendidikan dan Keterampilan

Kesehatan

- Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

- Kelestarian lingkungan hidup

- Perencanaan Sehat.

Tidak ada komentar