Sabtu, April 27, 2019

Nyaman, SMA Lemahabang Pilih Lepas Siswa di Lingkungan Sekolah

 

PELITAKARAWANG.COM - Pelepasan dan perpisahan siswa kelas XII, tidak harus dilakukan di luar sekolah seperti tempat wisata maupun aula rumah makan dan hotel. Selain beresiko, juga bisa menelan biaya tidak murah. Hal itulah yang di terapkan SMAN 1 Lemahabang, dimana pelepasan dengan suguhan kreasi seni dan budaya bisa dilakukan di komplek sekolah dan disaksikan langsung adik-adik kelasnya secara gratis dan gembira berjamaah.

Siswa kelas XII IPS 5, Andri Jaya mengungkapkan, pelepasan dan perpisahan ini merupakan salahsatu moment terakhir berkumpul bersama teman di sekolah, meskipun ke depannya bisa saja di buat reuni. Namun, keceriaan paska 3 tahun bersama di sekolah pasti sangat sulit di lupakan. Kami bangga bisa di lepas langsung di sekolah, yang tentunya jadi tempat menuntut ilmu selama 3 tahun, di tempat ini, dirinya di terima dengan baik, di lokasi yang sama juga dirinya dilepas dengan kebahagiaan. "Satu bulan libur aja sudah kangen, apalagi setelah lulus nanti. Pasti akan teringat masa-masa di sekolah," katanya.

Intinya sambung Andry, ia ingin persembahkan rasa terimakasih kepada guru-guru yang telah memberi pelajaran, "Kami panit, untuk guru killer jangan galak-galak lagi, pasti akan di ingat. Pesan untuk teman, jangan lupakan teman dan ingat kenangan itu," katanya.

Kepala SMAN 1 Lemahabang, Hj Lilis Saidah Spd MM, mengatakam, momen kekeluargaan akan lebih terasa saat melaksanakan pelepasan dan perpisahan siswa kelas XII di lingkungan sekolah. Terlebih, acara hajat siswa kelas ini merupakan moment terakhir bagi mereka. "Kalau di gedung atau toruing keluar, waktunya singkat, enakan di sini. Lagian kelas 10 dan 11 juga bisa ikut serta tanpa di pungut biaya, sepuasnya. Juga, kebersamaan dan kerjasamanya akan lebih terasa, durasi juga lebih panjang," katanya.

Sesuai dengn keinginan siswa, lanjut Kepsek, pihak sekolah tidak menekankan siswa untuk melanjutkan sekolah atau untuk bekerja. Jika ingin melanjutkan, lebih baik, dan jika ingin bekerja pun sesuai pilihannya. Yang pasti, harus bisa menjaga nama baik almamater sekolah setelah lulus nanti, manfaatkan ilmu agar saat melanjutkan ke jenjang berikutnya berjalan dengan sukses," katanya.

Lebih lanjut kepsek mengimbau kepada siswa, jangan puas dengan ilmu yang ada saat ini. Meskipun sudah lulus, belajar terus dan jangan bosan mencari ilmu, karena ilmu allah itu luas. "Harapan saya semua bisa lulus 100%," harapnya.

Hal senada di katakan Ketua komite SMAN 1 Lemahabang, Hj Itoh Masitoh SPD, acara pelepasan dan perpisahan siswa kelas 12 ini merupakan angkatan ke 13 dari 422 siswa kelas 12. Mulai dengan acara sambutan yang di hadiri muspika Kecamatan Lemahabang, pelepasan, upacara adat, kalungan, terakhir hiburan. "Lebih baik di tempat atau lingkungan sekolah menggunakan pasilitas yang ada, kalau kekuar takut ada hal yang tidak di inginkan, dan kita di sini menerapkan kekeluargaan," ujarnya.

Adapun, hingga saat ini sudah ada beberapa siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jalur preatasi 10 Umsika, yg lainnya menunggu SBMPTN. Ia berharap, lulusan SMAN q Lemahabang bisa seperti kakak-kakamya yang sudah sukses, karena lulusan SMAN 1 Lemah beragam, ada yang lulus langsung ke kedokteran, perguruan tinggi lainnya, ada juga yang bekerja sesuaai dengan kemampuannya masing-masing. Harapannya, lulusan sisea SMAN 1 Lemahabang menjadi siswa dan siswi yang soleh solehah berbakti kepada orangtua dan sukses di masa depan," pungkasnya. (Rdi).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top