Edaran Kadisdikpora Karawang Tidak Mempan

PELITAKARAWANG.COM- sebanyak 3.194 siswa paket C di 40 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) gelar UNBK serentak 13 - 16 April ini. Mengantisipasi warga belajar yang absen karena urusan pekerjaan, di jaminkan Kadisdikpora melalui surat edaran agar semua perusahaan memberikan izin. Sayangnya, di hari pertama UNBK di gelar, diduga beberapa siswa absen lantaran tidak mengantongi izin dari perusahaan. 

"Edaran Kadisdikpora sudah di sebar ke semua perusahaan agar memberi izin UNBK pada karyawan yang jadi siswa paket, tapi ada 2 orang yang absen karena kemungkinan tidak mendapat izin, " kata Pengelola PKBM Nurul Huda, Dasir S.pd, Jumat 13/4. 

Dasir menambahkan, kedua siswa paket peserta UNBK yang tidak hadir itu, bekerja di perusahaan tekstil wilayah Purwakarta. Dirinya tidak tahu kalau yang dapat edaran itu, apakah perusahaan di Karawang juga mulus. Memang, seharusnya saran Dasir, edaran memberi kesempatan UNBK bagi karyawan itu edarannya langsung dari Bupati, sebab kalau mengandalkan edaran Dinas, kemungkinan jarang digubris pihak perusahaan, padahal para siswa sangat berharap bisa mengikuti UNBK sesuai jadwal, walaupun ada UNBK susulannya yaitu, 26 April - 3 Mei mendatang. "Masih ada perusahaan yang bandel sih, gak ngasih izin kepada warga belajar pendidikan kesetaraan ini ikuti UNBK, " katanya.

Di Tempuran ini, sambung Dasir ada 229 siswa peserta UNBK paket C di SMAN 1 Tempuran dan lancar mengisi soal Bahasa Indonesia di jam pertama. Namun, karena ketersediaan komputer yang hanya 120 unit, memungkinkan di bagi sistem shift. Apalagi, UNBK Paket ini mulai pada pukul 08.30 pagi. "Kita UNBK gabung bersama 3 PKBM lainnya di Tempuran, hari pertama Alhamdulillah lancar, " ujarnya. 

Kedepan, sambung Dasir, pihaknya akan berupaya menggelar UNBK mandiri dan tidak nebeng lagi di SMA, tentunya harus di pikirkan pengadaan komputernya. Tapi, seiring dengan bantuan pemerintah yang mengalir, seperti Karawang Cerdas misalnya, setidaknya jadi stimulan untuk lebih baik lagi. Karena, terbukti, lulusan Paket C ini, banyak yang sukses karena ijasah paket C juga setara untuk mendapatkan hak pekerjaan, masuk perusahaan dan pra syarat lainnya. "Kita akan konsisten terus UNBK, kedepan isinya Allah kita mandiri, " pungkasnya. (Rdi)

PKBM Nurul Huda Purwajaya : 119 orang

PKBM Citra mandiri Sumberjaya : 73 orang

PKBM Citra Gama Pagadungan : 30 orangl.

Tidak ada komentar