PELITAKARAWANG.COM - Ujian Kompetensi (Ujikom), bukan hanya dilakukan siswa SMK paska UNBK. Karena, puluhan siswa paket C PKBM Asolahiyah juga menggelar ujian serupa di lingkungan sekolahnya. Tak kurang dari 50 warga belajar, melaksanakan Uji Kompetensi Tata Busana dengan fasilitas lengkap yang dimilikinya.


Pengelola PKBM Asolahiyah, Heroe ertifikasi Saleh mengatakan, sertifikasi kompetensi merupakam suatu penetapan yang diberikan oleh para pakar secara profesional dibidang keilmuan terhadap warga belajar, itu dilakukan untuk menunjukan kemampuan warga belajar. Karenanya, sertifikat Uji Kompetensi yang akan di miliki warga belajar ini,  sebagai tolak ukur keberhasilannya sebelum menyelesaikan study nya, atau referensi yang bermanfaat, serta memiliki rasa percaya diri sebagai tenaga profesi guna membantu keberadaan program studi di PKBM Assolahiyah. "Sertifikasi perlu dilakukan warga belajar sebelum menuntaskan Studynya, " katanya.

Dedi Sukroni,S.Pd Penguji Tata Busana LSK mengatajan, Uji Kompetensi Vokasi ini, merupakan program Kementrian Pendidikan melalui Direktur Jendral (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan masyarakat. Keunggulan mengikuti pendidikan Keseteraan Paket C di PKBM Assolahiyah, karena disamping mendapatkan Ijazah, juga akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi. "Warga belajar bukan saja   dapat ijasah, tetapi juga bisa mendapat sertifikat hasil kompetensinya, " pungkasnya. (Rdi)