Pulokarang Indah di Laut Dalam Karawang

PELITAKARAWANG.COM - Selain kaya dengan Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT), laut Karawang semakin jadi incaran. Pasalnya, bukan saja muncul Pulopasir hektaran, alam bawah laut Karawang juga menyimpan batu karang dan biota laut yang tak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia. Para pengunjung, bisa menikmatinya di beberapa lokasi, seperti Pantai Tangkolak Desa Sukakerta dan Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon.

Bidang Promosi dan Marketing Pantai Tangkolak, Wahyudi mengatakan, sejak dulu, sudah banyak jenis karang ada di Pulo Karang Sendulang. Wisatawan bisa melihat langsung ikan badut atau yang akrab di sebut ikan nemo dan berenang bareng puluhan jenis ikan, dari ukuran kecil hingga raksasa. Walaupun, sebutnya,  cukup merogoh kocek Rp50 ribu saja, sudah bisa menikmati snorkling selama 2 jam di laut dengan pemandu yang profesional tersertifikasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Possi). "Pulo Karang Sendulang ini menyimpan biota laut yang banyak, pengunjung bisa menikmatinya dengan hanya Rp50 ribu saja, " katanya.

Dengan duit Rp50 ribu, para pengunjung bisa mendapati fasilitas yang didapatkan, seperti satu set alat snorkling, plampung, antat jemput perahu, sampai pemandu yang mengajarkan snorkling, yaitu dari pengelola wisata snorkling yang namanya akar bakau Tangkolak. "Disediakan ragam fasilitas yang ada, ada pemandunya juga, " ungkapnya.

Wawan Pol Sus Kementrian Perikanan dan Kelautan Karawang, mengatakan,  pulau pasir juga sudah nampak ke permukaan akibat sedimen. Luas hempasan ombak ada sekitar radius 7 Km luasannnya. Saat menginjakan kaki diatas pasir, ketinggian air hanya setinggi lutut orang dewasa pada saat air pasang dan diatas mata kaki pada saat air surut. Pulopasir dan biota laut, di lindungi UU Nomor 1 tahun 2014 junto UU 27 Tahun 2007 Tentang pengelolaan pesisir dan pulau- pulau kecil. "Ke pulau pasir hanya 15 menit dengan perahu nelayan juga sampai, " pungkasnya. (Rdi).

Tidak ada komentar