Sertifikat Ujikom SMK "Benteng" Masuk Dunia Industri

PELITAKARAWANG.COM-  Selama beberapa pekan terakhir, ribuan siswa kelas XII SMK di Karawang, melaksanakan Ujian Kompetensi (Ujikom) berdasarkan spesialisasi keahliannya. Tak tanggung, ujian pamungkas yang melahirkan sertifikat itu, mendatangkan langsung penguji dari eksternal maupun internal sekolah.

Kepala SMKN 1 Cilamaya, Hj Mutia Purnamawati M.Pd mengatakan, Ujikom dilaksanakan sampai 19 April. Dalam sehari pertemuan, ada belasan siswa yang di uji tuntas berdasarkan materi yang di rekomendasikan Badan Nasional Standarisasi Pendidikan (BSNP). Karena jumlah siswanya yang cukup banyak, Ujikom bagi para siswanya ini, tidak bisa tuntas dalam seminggu. Sebab, meskipun belum mendatangkan penguji dari pengawas sertifikasi industri, tapi fasilitas Ujikom dan pengujinya langsung dari perusahaan. Sehingga, saat lulus, siswa bukan hanya mengantongi Ijasah, tetapi juga mendapatkan sertifikasi kompetensi sebagai pertimbangan pihak perusahaan yang dituju. "Kalau materi Ujikom itu menyesuaikan dengan opsi yang di rekomendasikan BSNP, " ujarnya. 

Lebih jauh ia menambahkan, sertifikat yang di dapat siswa itu, tertera skala cukup berkompeten, sangat berkompeten dan kompeten, tergantung penilaian penguji. Nantinya, sertifikat ini jadi kesiapan anak masuk Dunia usaha dan dunia industri, sehingga, paska lulus, siswa kelas XII ini sudah tahu tuntutan industri, yang nantinya bisa diserap cepat oleh dunia kerja. "Sertifikat ini, jadi kesiapan siswa masuk dunia industri dan dunia usaha, sehingga kompetensi yang dimilikinya bisa diakui dan diserap perusahaan, " pungkasnya. (Rdi).

Tidak ada komentar