UPK Singaperbangsa Targetkan 200 Nasabah Jadi Peternak

PELITAKARAWANG.COM - Sukses mengelola ayam petelur tahap pertama dengan melibatkan 30 nasabah, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Singaperbangsa, Kecamatan Cilamaya Kulon tambah 40 nasabah lainnya mengelola ternak ayam petelur. Masing-masing nasabah UPK, di berikan 10 ekor ayam untuk pengembangan pemberdayaan ekonomi dari lembaga eks PnPM Mandiri Pedesaan tersebut.

Ketua UPK Singaperbangsa, Rohman S.Hi mengatakan, sebanyak 30 peserta yang juga nasabah UPK ini, sudah sukses jadi peternak ayam petelur, dimana dalam sehari, ayam dengan usia 5 bulan itu, mampu menghasilkan 7 - 9 telur dari 10 ekor. Hasilnya, ada yang dijual di warung-warung, ada juga untuk konsumsi penambahan gizi keluarga. Karenanya, dengan target 200 nasabah bisa mengikuti program pemberdayaan serupa ini, pihaknya secara bertahap melatih nasabah dan mendistribusikan ayam untuk di urus dan bertelur. Sehingga, di tahun ini, jumlah peserta ternak ayam petelur ini menjadi 70 peserta. "Kita target 200 nasabah jadi peserta pemberdayaan ekonomi ini, bertahap dari 30, terakhir kita tambah 40 pesertanya, " ungkapnya.

Lebih jauh Rohman menambahkan, para peserta, sudah di latih dan di Bintek oleh praktisi, termasuk peternak yang sudah sukses pada 4 April lalu. Diharapkan, pemberian stimulan berupa itik ayam petelur ini bisa sukses lagi dikelola nasabah dan kelompok di UPK, sehingga, pada saatnya nanti bisa memiliki akses marketable yang baik dengan kerjasama lintas UPK. "Kita Bintek lagi sebelum mereka menerima ayamnya, bahkan kita beri pakan perdana selama 3 bulan, " pungkasnya.

Sekretaris UPK Singaperbangsa Kecamatan Cilamaya Kulon, Nurhadi Saputra mengaku, ternak ayam petelur ini adalah bagian dari kreatifitas dan inovasi UPK dalam rangka mengembangkan potensi ekonomi keluarga.  Bahkan, kesuksesan pengelolaan ini, juga mendapat apresiasi dari Asosiasi UPK. Kita berharap, ternak ayam petelur ini, mampu menjawab tantangan ekonomi keluarga, karena melihat hasil, potensi profit itu menguntungkan. "Kita jadi model pihak Asosiasi UPK dan yang lainnya, karena memang ternak ayam petelur ini, dirasakan langsung manfaatnya, " pungkasnya. (Rdi).

Diberdayakan oleh Blogger.