Wujudkan Kampung Sehat, Pertamina Gelar Bersih Kampung di Cilamaya

PELITAKARAWANG.COM - Ribuan warga Desa Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon, di ajak bersih-bersih kampung bareng pekerja milenial Pertamina, Rabu 10/4. Selain kerja bakti, kegiatan menyongsong HUT BUMN ke 21,  perusahaan plat merah itu juga membantu sarana fisik drainase desa sebesar Rp100 juta.

Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan, kegiatan yang dikemas melalui program “Bersih-bersih Kampung Sehat” ini diawali dengan penyuluhan kesehatan dari Bidan Desa, dan penyerahan peralatan bersih kampung secara simbolis. Kegiatan ini, sebutnya, sebagai wujud nyata kehadiran Pertamina di tengah masyarakat untuk saling sinergi menggerakkan budaya kerja bakti dan mewujudkan kampung dengan lingkungan sehat. "Ini adalah rangkaian HUT BUMN, kita pilih desa ini, karena lokasi koorporasi juga banyak dilakukan operasinya di wilayah ini, seperti Pertamina EP, PHE ONWJ dan juga Pertamina Gas,  semuanya tergabung dalam region III, " katanya. 

Selain bersih kampung, program dan kegiatan lainnya adalah pembangunan drainase fisik senilai Rp100 juta. Karena, kalau ke sarana lainnya seperti jalan dan bangunan, beberapa sudah di cover. Jadi, pihaknya memilih drainase ini dari hasil pertimbangan dan musyawarah bersama pemerintah desa setempat. Tidak itu saja, masyarakat juga diberikan kemudahan dalam belanja di pasar murah, karena BUMN meluncurkan aktivasi LinkAja , sebagai sarana berbelanja kebutuhan masyarakat lebih terjangkau. Promosi aplikasi Link Aja  yang dimiliki oleh himpunan bank negara (Himbara) ini adalah aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan dana tunai (cashless).

promosi tersebut dikemas dengan penjualan paket pangan murah bagi warga Mukti Jaya. "Kali ini Pertamina menyiapkan 1.500 paket pangan murah senilai Rp 42.500, yang bisa dibeli masyarakat dengan mendownload aplikasi Link Aja serta membayar uang Rp10.000 per paket, " ujarnya.

"Desa kami terkenal dengan kelapa segar, namun sayangnya setelah dikonsumsi, limbah kelapa hanya ditumpuk dipinggir jalan. Karena adanya program dari BUMN dan Pertamina, sampah kelapa jadi lebih bersih,” kata Udin (41 tahun) salah seorang warga peserta Bersih-bersih Kampung.

Tesi, warga RT01 Desa Muktijaya lainnya mengatakan, dirinya dan tetangga antusias bisa mendapatkan paket pangan murah, berisi beras, gula pasir, minyak goreng, sarden dan garam, produk-produk dari BUMN. Karena sangat terbantu dengan kegiatan ini. "Senang  saya bisa mendapat sembako dengan harga murah,” katanya..

Seperti di ketahui, Desa Muktijaya berada di wilayah Ring I PEP Asset 3, Subang Field, dan merupakan wilayah pendistribusian BBM dan LPG dari Pertamina Marketing Operation Region III Jawa Bagian Barat. Di Karawang, Pertamina juga memiliki daerah operasi dari anak perusahaannya yakni PHE ONWJ, Pertagas dan Proyek PLTGU Jawa Satu dari konsorsium Pertamina Power Indonesia (PPI). "Pertamina sebagai salah satu BUMN salah satu perannya adalah memastikan ketersediaan energi. Beroperasinya Pertamina Group di sekitar Mukti Jaya diharapkan juga memberi manfaat bagi masyarakat," tambah Syahrial. (Rdi).

Diberdayakan oleh Blogger.