47 Bidan PTT Karawang Diangkat CPNS

PELITAKARAWANG.COM-Pada tahun 2016 Kementerian Kesehatan RI mengadakan seleksi CPNS yang diikuti sebanyak 4.143 orang, dengan formasi Dokter Umum, Dokter Gigi, dan Bidan PTT yang semuanya berasal dari PTT Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kabupaten  Karawang mendapatkan alokasi sebanyak 174 orang yang semuanya dari Bidan PTT.Setelah melalui serangkaian test akhirnya yang dapat diangkat menjadi CPNS sebanyak 126 orang, sisanya 48 orang dinyatakan tidak lulus, karena alasan usianya yang lebih dari 35 tahun.

Kemudian melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan dari PTT yang berusia lebih dari 35 tahun, akhirnya pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2018 Tentang jabatan Dokter, Dokter Gigi dan Bidan sebagai jabatan tertentu dengan batas usia pelamar paling tinggi 40 tahun, dan Bidan PTT pada Pemerintah Kabupaten Karawang dari 174 yang diangkat 126 sisanya 48, sebanyak 47 orang dapat diangkat menjadi calon Pegawai Negeri Sipil dan sisanya sebanyak 1 (satu) orang mengundurkan diri karena mengikuti pemilihan anggota legislatif.

Kebijakan pengangkatan tenaga kesehatan PTT KEMENKES menjadi CPNS di lingkungan Pemerintah Daerah merupakan salah satu solusi dalam menyelesaikan disparitas dan distribusi yang tidak merata dari tenaga kesehatan di Indonesia. putra-putri daerah ini bersedia ditempatkan di daerah tempat mereka bertugas, diharapkan dapat menjamin keberlangsungan pelayanan kesehatan khususnya di daerah terpencil dan sangat terpencil. di samping itu, pengabdian mereka yang sebagian besar telah bertugas lebih dari 9 tahun hingga saat ini.

“Bidan memiliki peran sangat penting untuk menurunkan Angka Kematian Ibu(AKI) dan Angka Kematian Anak (AKA) bagi  Kabupaten Karawang , dilihat dari komposisi kesehatan Kabupaten Karawang belum maksimal, saya harapkan untuk memberikan pemahaman pelayanan  Keluarga Berencana   kepada masyarakat agar Indeks Kesehatan  Kabupaten Karawang menjadi presentase yang baik,” ucap Bupati Kabupaten Karawang, Cellica Nurrachadiana,dilokasi penyerahan SK CPNS Bidan PTT.

Pengangkatan Bidan PTT Tahun 2019  menjadi CPNS ditetapkan dengan Keputusan Bupati Karawang Nomor 821/Kep.2472/BKPSDM/2019, Tanggal 10 Mei 2019, TMT 01 Mei   2019 setelah mendapatkan NIP dari BKN. Sedangkan mengenai mulai Penggajiannya berdasarkan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) sesuai dengan Kepala OPD masing-masing. 

“Kondisi saat ini, Aparatur Negeri Sipil (ASN) harus melek informasi dan teknologi, jadilah bidan yang bermental driver (kepemimpinan), yang mempunyai  prinsip melayani ( melayani dengan tulus) prinsip navigasi (memiliki arah tujuan, dan memberikan semangat) prinsip tanggung jawab ( tidak meyalahkan orang lain, tidak berbelit belit atau menutupi kesalahan diri sendiri).” Asep Aang Rahmatullah, Kepala BKPSDM Kabupaten Karawang.

Selanjutnya perlu diketahui untuk para CPNS tersebut diwajibkan mengikuti Pengenalan Orientasi Tugas(POT) dilaksanakan estimasi bulan November tahun 2019 ,dan dilanjutkan dengan Prajabatan yang akan dilaksanakan estimasi bulan  Oktober 2019. 

Dan berdasarkan PP No.11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil  Bagian Tentang Pengangkatan Calon Pns Dan Masa Percobaan Calon Pns Pasal 34 Ayat (1) Calon Pegawai Negeri Sipil Wajib Menjalani Masa Percobaan Selama 1 (Satu) Tahun. Apabila dalam menjalani masa percobaan tersebut tidak disiplin dan kinerja yang baik, maka Pemerintah Kabupaten Karawang berhak memberhentikan dari CPNS.(wk).
Diberdayakan oleh Blogger.