Sabtu, Mei 18, 2019

Emak - Emak Edarkan Uang Palsu di "Orsel" Cilamaya

 

PELITAKARAWANG.COM- Selama Ramadan, masyarakat dan pedagang khususnya, harus ekstra hati-hati bertransaksi. Pasalnya, uang palsu di duga semakin marak beredar. Buktinya, aparat Polsek Cilamaya berhasil mengamankan emak-emak asal Kecamatan Tirtamulya, yang sudah membelanjakan uang palsu pecahan Rp50 ribuan di sekitaran pasar malam "Orsel" Kecepet Desa Mekarmaya Jumat malam 18/5. Parahnya, saat di chek, ternyata isi dalam tasnya juga membawa 27 lembar uang palsu serupa pecahan Rp50 ribuan. 


Kapolsek Cilamaya, Kompol Sutedjo mengatakan, Jumat 17/5 sekitar pukul 22.00 wib, telah diamankan seseorang atas nama Alia binti Hasim yang diduga  melakukan tindak pidana mengedarkan dan atau membelanjakan uang palsu Sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 36 ayat (3) dan atau ayat (2) Jo Pasal 26 ayat (3) dan atau ayat (2) UU RI Nomor 07 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Pelaku, sebut Tedjo, melakukan aksinya di lokasi hiburan pasar malam Orsel Dusun Turisari Jalan Raya Cilamaya - Kecepet Desa Mekarmaya. Pelapornya sendiri adalah Rohmat bin Kosim, asal Dusun Kertasari RT 11/05 yang juga pedagang dan Samin. "Iya kita amankan si ibu ini yang melakukan aksi dugaan menyebarkan uang palsu di Pasar malam Kecepet, " katanya. 


Lebih jauh Tedjo menyebut, kejadian bermula saat pelaku membelanjakan uang pecahan Rp50 ribuan ke pedagang bernama Rohmat, dengan teh pucuk dan nutrisi. Saat itu, pelaku Alia mendapati kembalian Rp42 ribuan dan langsung pergi. Beruntung, kecurigaan Rohmat cepat reaktif, karena, tidak berselang lama dirinya memeriksa uang pembayaran itu dengan cara di raba terasa licin dan seperti uang palsu. Sejurus kemudian, Rohmat langsungmencari pelaku di lokasi tersebut. Untungnya, pelaku belum jauh dari lokasi, sehingga ditemukan dan di interogasi di parkiran serta di periksa isi di dalam dompetnya. Ternyata, sebut Tedjo, didapati pula uang beberapa lembar pecahan Rp50 ribuan yang diduga palsu. "Pelaku yang di interogasi di parkiran, langsung di amankan ke Polsek saat itu juga, " ujarnya. 

Lebih jauh Tedjo menambahkan, setalah di amankan di Mapolsek, perempuan asal Babakan Jati RT 03/05 Desa Citarik Kecamatan Tirtamulya ini, langsung di sidik lanjut, karena dalam barang bukti ditemukan 27 lembar uang palsu pecahan Rp50 ribuan. "Kita amankan barang bukti, termasuk 26 lembar uang palsu pecahan Rp50 ribuan, kita lidik lanjut, " pungkasnya. (Rdi).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top