Empat Desa Ancang-Ancang Musdes Kades PAW Tahun ini

PELITAKARAWANG.COM-.Sepanjang tahun 2019 ini, sedikitnya ada 5 desa yang ditinggal kosong Kepala Desanya. Baik karena meninggal dunia, maupun jadi terpidana kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Dari jumlah itu, 4 desa diantaranya mengharuskan penyelenggaraan Musyawarah Desa (Musdes) yang di dalamnya mengagendakan pemilihan Kades Pergantian Antar Waktu (PAW).  (16/05/2019).
Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMPD Karawang, Andry Irawan mengatakan, sesuai dengan ketentuan, bahwa dalam hal kades berhenti dengan sisa masa jabatan lebih dari 1 tahun, maka Bupati sementara mengangkat PNS dari Pemda kabupaten sebagai penjabat sementara (Pjs) kades,  sampai dengan diangkatnya kades yang baru hasil musyawarah desa.
Mantan Sekdes Cikuntul Jadi Kades Pjs di Tanjungjaya
Maka, Pelaksanaan musyawarah Desa dalam rangka pilkades antar waktu itu, harus sudah dilaksanakan paling lama 6 bulan terhitung sejak tanggal kepala desa diberhentikan. Bahkan, selama ini menurut ketentuan tersebut, kabupaten karawang telah melaksanakan musdes di 6 desa. "Kita sudah Musdes 6 kali, biasanya di laksanakan paling lama sejak tanggal kepala desa itu di berhentikan berdasarkan SK Bupati, " katanya. 

Andry menambahkan, awal tahun 2019 ini, pemerintahan desa di kabupaten karawang kembali berduka, karena terdapat 5 kades berhenti, 4 diantaranya karena meninggal dunia, dan ke empatnya ini masuk ketentuan harus di selenggarakan Musdes. Intinya bahwa, pelaksanaannya tidak boleh lewat dari 6 bulan sejak kades berhenti berdasarkan Sk bupati. Adapun jadwal dan tahapan akan disampaikan kepada BPD untuk pedoman waktu pelaksanaannya, Mudah-mudahan aman dan dapat terpilih kades yang terbaik. "Tahun ini ada 5 desa yang kadesnya kosong, 4 diantaranya mengharuskan Musdes," katanya. 
Kelima Desa yang kosong tersebut, sambung Andry antara lain Desa Jayanegara, Tanjungjaya, Kamojing, Blendung dan Tamansari. "Khusus Blendung Klari, kosong itu karena Kadesnya terpidana kasus Tipikor, " pungkasnya. (Rdi).

Desa Kosong Kades Definitif : 

* Desa Kamojing
* Desa Jayanegara
* Desa Tanjungjaya 
* Desa Blendung 
* Desa Tamansari 
Diberdayakan oleh Blogger.