Jalan Sukamenak Bikin Oleng Petani 

PELITAKARAWANG.COM - Jalanan buruk sepanjang 2 kilometer di Sukamenak Desa Muarabaru Kecanayan Cilamaya Wetan, membuat "oleng" para petani saat musim tanam dan panen. Pasalnya, jalanan selebar 5 meteran itu, sulit di lalui dengan mulus saat diguyur hujan. 

"Sudah gabah murah, bayar juga ke calo, eh akses jalan juga bikin sulit mengangkut gabah saat panen seperti sekarang. Gak tahu kapan di perbaiki, " kata petani di sekitaran sawah Sukamenak, Hasyim (40).

Kades Muarabaru, Ato Sukanto mengatakan, meskipun di guyur milyaran dari Dana Desa, namun sejauh ini masih belum bisa mengcover sarana infrastruktur di desanya. Karena, selain masih luas, akses sarana fisik jalan dan turap masih banyak dibutuhkan, betapapun ada tambahan dari Dinas maupun aspirasi DPRD. Salah satunya adalah akses jalan petani di Sukamenak itu, selain menjadi jalur niaga antar kampung, juga menjadi jalan satu-satunya para petani untuk angkut gabah dan pupuk.Wajar saja, selain licin dan penuh kubangan saat musim penghujan, juga banyak jalanan yang berlubang curam dan menyulitkan kendaraan petani melintas. "Rusak semua belum disentuh, panjangnya 2 Kilometer, " katanya.

Ato menambahkan, jalanan itu diharapkan bisa di lirik Pemkab Karawang, baik dari Dinas maupun aspirasi DPRD secara bertahap. Bahkan, dirinya memastikan untuk pengajuan akses -akses yang masih banyak jalanan jelek. Utamanya akses petani, sebab, selain gabah yang semakin murah, akses yang jelek juga bisa membuat harga terus merosot. "Kita harap ada perbaikan dan bisa di lirik Dinas, maupun aspirasi DPRD, " harapnya. (Rdi).
Diberdayakan oleh Blogger.