PELITAKARAWANG.COM-.Mabes Polri mengeluarkan surat telegram yang berisi perintah kepada jajaran untuk meningkatkan kesiapsiagaan.Surat yang diteken Asisten Kapolri bidang Operasi (As Ops) Irjen Martuani Sormin itu menginformasikan pemberlakuan status keamanan Siaga 1 untuk internal menyikapi rencana aksi 22 Mei 2019.

"Ini benar,informasi dari As Ops," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo,Kebayoran Baru,Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).


Surat telegram bernomor STR/281/V/OPS.1.1.1./2019 ini diterbitkan pada Senin, 20 Mei 2019, dan diteken Martuani. Dalam surat tersebut tertulis masing-masing kepala satuan kerja atau kepala satuan wilayah diminta selalu melaporkan perkembangan situasi yang terjadi di wilayah dan menyiapkan langkah-langkah antisipatif.

Tertulis juga perintah khusus kepada personel Polri yang berdinas di satuan kerja Mabes Polri untuk mengikuti apel batalion kerangka tiap pukul 08.00 WIB di Lapangan Baharkam Polri. Martuani juga memerintahkan jajarannya mengenakan pakaian dinas lapangan (PDL).


Seperti diketahui, beberapa pihak menyerukan kegiatan aksi 22 Mei 2019 untuk menyikapi pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019. Namun pengumuman sudah dilakukan KPU sehari sebelumnya karena rekapitulasi selesai lebih awal.
Sumber:detik.com