Lokbul Puskesmas Pacing Fokus Bumil dan Stunting 

PELITAKARAWANG.COM-. Puskesmas Pacing Kecamatan Jatisari, fokus melakukan kelas ibu hamil dan pencegahan Stunting. Hal itu, jadi bahasan Lokakarya Bulanan (Lokbul) Puskesmas tersebut dihadapan para kader, muspika kecamatan dan kepala desa baru-baru ini.

Kepala Puskesmas Pacing, H Ucin Supriyadi S.Km menuturkan, lokakarya bulanan ini rutin di laksanakan, dimana dalam satu bahasannya antara lain soal kelas ibu hamil. Di Puskesmasnya, sebut Ucin, ada 20 kelas, dimana setiap kelasnya dilaksanakan 4 kali pertemuan. Seluruh ibu hamil, di wajibkan ikut kelas ibu hamil bareng petugas dari puskesmas yang di turunkan terdiri dari tim khusus, antara lain dokter, bidan desa, bidan koordinator (Bidkor) petugas gizi, laboratorium dan juga promkes. Semua itu, diharapkan bisa menghasilkan output, dimana ibu hamil bisa sehat, cukup asupan gizinya dan selamat ibu dan anaknya saat melahirkan. "Kelas ibu hamil, kita kuatkan di lokbul kali ini, " ungkapnya.

Selain kelas ibu hamil yang jadi bahasan, sambung mantan Kasubag Puskesmas Pasirukem ini, juga pencegahan Stunting jadi prioritas. Setiap posyandu balita di wajibkan timbang dan ukur tinggi badan dan panjang badan anak. Disamping juga berikan kecukupan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita dan ibu hamil kurang energi kalori (KEK). "Posyandu itu ya wajib menimbang berat badan balita, tinggi badan dan jangan lupa pemberian makanan tambahan, " pungkasnya. (Rdi).
Diberdayakan oleh Blogger.