Minggu, Mei 26, 2019

Makna Nama Cellica Bagi Warga" Karawang"

 

PELITAKARAWANG.COM_.Sebanyak 9 nama "Cellica" di Kabupaten Karawang diberikan hadiah oleh Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana, Sabtu 25 Mei 2019 diacara santunan anak yatim dan piatu di Plaza Pemkab Karawang.

Pemberian hadiah itu sebagai bentuk rasa "kadeudeuh" bupati terhadap mereka yang bernama "Cellica". 

Bupati mengaku, awalnya sudah percaya diri saja jika nama Cellica ada satu-satunya di Kabupaten Karawang. Padahal berbeda dengan realitanya, ada masyarakat Karawang juga yang memberikan nama "Cellica" kepada anak-anaknya.

Bupati memanggil nama Cellica dan orangtuanya untuk hadir dalam acara santunan, bahkan diajak berbincang langsung diruangan orang nomor satu di Kabupaten Karawang itu layaknya tamu istimewa.


Bupati sendiri menggendong Cellica Salsabila Ibnu Rosman, yang merupakan paling kecil diantara yang lain. Balita itu berusia 5 bulan dari pasangan Rosman Ochim Alazis dan Acih, warga Perumahan Margasari Regency, Karawang Timur.

Usai berbincang dan cerita-cerita diantara mereka, langsung keacara nuzlulquran di halaman kantor bupati. Dalam sambutan itu, bupati menyampaikan selain dirinya ada nama Cellica yang lain. Ia mendo'akan supaya masa depan ananda itu lebih baik lagi darinya.

"Semoga Cellica-Cellica yang lainnya lebih dari saya rezekinya, karirnya. Diberikan kesehatan. Amiin," ungkapnya dalam sambutan.

Sembilan nama-nama Cellica itu dengan nama lengkap, Cellica Rahma Aulia, Cellica Nagita Fazri,  Cellica Ridwan Sarah, Cellica Bahri dan Cellica Salsabila Ibnu Rosman serta lainnya.

Acih, Spd merupakan ibunda dari Cellica Salsabila Ibnu Rosman, menceritakan mulanya pemberian nama tersebut. Menurutnya, 26 Desember 2018 sekitar pukul 23.10 WIB di Bidan Telagasari, telah lahir bayi perempuan cantik. Diberi Nama, Cellica Salsabila. 

Mulanya pemberian nama itu, sebelum ke 40 hari mencari nama yang baik buat bayi perempuan. Karena kenginan orang tua, jika anak perempuan ini menjadi mata air maka dalam bahasa arabnya Salsabila. 

Kemudian terinspirasi seorang pemimpin Kabupaten Karawang dari kaum Perempuan, yaitu Ibu Cellica Nurrachadiana. 

"Beliau adalah Srikandi yang tangguh, menjadi seorang pemimpin di Karawang pertama dari Perempuan dari 386 tahunan Karawang baru periode 2016-2021 Bupatinya Perempuan," katanya.

Disitu memiliki sebuah keingianan nama anak ini Cellica. "Kami melakukan shalat istiqoroh selama 3 malam mohon petunjuk untuk ananda ini diberikan nama Cellica Salsabila," ceritanya singkat.

Dalam mimpi itu, Ayah anak ini bermimpi mancing disebut tempat mendapatkan ikan besar dan banyak. Sementara temannya itu, tidak sama sekali dapat ikan padalah mancing ditempat sama.

Atas petunjuk itu, dirundingkan dengan keluarga. Akhirnya, ayah anak menghubungi Ibu Cellica untuk meminta izin melalui SMS. 

"Dikira tidak akan dibalas, ternyata beliau sangat merespon dan senang sekali nama "Cellica" diguanakan ananda ini dan membalas SMS itu," kata Acih lagi.

Sontak saja ini suatu hal kesinambungan antara petunjuk Istiqoroh. Padahal ibu Cellica lagi sibuk-sibuknya persiapan berangkat Umroh. Namun menyempatkan balas SMS.

Disitu disimpulkan, nama ananda ini "Cellica Salsabila". "Artinya menurut kami, Cellica adalah nama Pemimpin Karawang. Salsabila artinya Mata Air Dari Surga. "Seorang Pemimpin Yang Menjadi Mata Air Bagi Rakyat-nya" Sementara Ibnu Rosman, nama ayah ananda ini," jelas perempuan yang berprofesi guru.

Kelak 20 Tahun kemudian menjadi sebuah sejarah yang melekat dalam kehidupan, jika nama Cellica adalah nama Bupati Karawang. Suatu kebanggaan sendiri bagi ananda saat sudah besar.

Selain itu juga, dalam oleh orangtua yang memiliki suatu adat atau kebudayaan, nama anak harus dihitung dari Hari Lahir, Tanggal dan Waktu. Saat kami konsultasi kepada orangtua "Nama Cellica Salsabila, Bagus dan "Repok" artinya Cocok. 

"Insya Allah akan membawa kebaikan dan kebarokahan. Nama adalah do'a," pungkasnya tersenyum.(oc).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top