PELITAKARAWANG.COM-.Menteri Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono melakukan pengecekan kesiapan di jalur lintas Selatan Jabar, Rabu kemarin,(29/5/2019).
"Di wilayah sini Garut sudah dilakukan persiapan untuk bisa mengatur arus lalulintas dari arah Jakarta menuju Jawa Barat Limbangan,Tasikmalaya dan lain-lain segala macam. Insya Alloh kanalisasi,kemudian bagaimana pengaturan arus satu arah, nanti membuat jalur-jalur tidak macet,"jelas Puan.

Puan juga menambahkan,selain melakukan pengaturan arus lalulintas, di sepanjang jalur mudik lintas Selatan, juga sudah disiapkan posko-posko kesehatan.
"Tentu saja saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh pemda setempat juga  pihak kepolisian dan lain-lain yang sudah menyiapkan segala proses mudik lebaran tahun ini supaya berjalan lebih baik dan lancar," katanya.
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, jalur lintas Selatan Jabar masih menjadi favorit bagi pemudik,yang akan menuju wilayah Jateng maupun Jatim. 
Menurutnya,meski eforia pemudik di jalan tol namun lintas Selatan Jabar tetap diminati.
“Selatan ini tetap menjadi favorit alternatif Jadi orang itu jangan menggunakan jalan tol saja,”ucapnya.
Budi menilai dengan masih faavoritnya lintas Selatan Jawa Barat bagi pemudik Jateng maupun Jatim maka bisa mengurangi kepadatan di jalan tol.
“Oleh karenanya,bu Menko dan kita melihat kesini untuk memastikan supaya berjalan dengan baik,”ucapnya.
Pada kesempatan itu juga Budi menyatakan mulai Kamis, (30/5/2019)  kendaraan truk selain pengangkut sembako dan bahan bakar minyak dilarang beroperasi. Hal tersebut untuk mengurangi kepadatan arus lalulintas, di jalur-jalur mudik dan balik Lebaran 2019.(oc).