Peringatan Harkitnas, Momentum Kebangkitan Gotong Royong

PELITAKARAWANG.COM-.Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong yang merupakan inti dari Pancasila. Semangat gotong royong dapat mendorong kemandirian ekonomi, menjaga martabat budaya bangsa,dan mengikat potensi penduduk di Indonesia.
“Gotong royong adalah kekuatan yang paling dahsyat bagi Indonesia mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan negara,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin.(20/5).
Lanjutnya dikatakan,pemerintah harus berjalan sinergis dengan melibatkan seluruh masyarakat dan sektor privat. Kebijakan publik harus menyentuh jantung harapan masyarakat dan memberikan solusi untuk tantangan kebangsaan di masa depan.“Kita harus menyadari peluang, kemudian bangkit dengan semangat gotong royong dan jiwa nasionalisme untuk bergerak bersama,” ujarnya.
Menteri Syafruddin mengatakan banyak kendala, tantangan maupun hambatan yang dihadapi namun sebagai ASN harus tetap fokus menyelenggarakan pemerintahan dan melayani masyarakat.“Pikiran dan tindakan ASN harus ditempatkan pada konteks negara,kepentingan negara dan masyarakat diatas segalanya”.
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Secara historis tercatat sebagai cikal bakal bangkitnya jiwa nasionalisme dari berbagai organisasi pemuda dari seluruh penjuru nusantara.
Sebagai bangsa yang besar, harapan luhur mewujudkan kesejahteraan tidak boleh padam. Seluruh anak bangsa tidak boleh diam dan terjebak di zona nyaman, melainkan harus selalu berkarya dan menjalankan pembangunan nasional.(rls).
Diberdayakan oleh Blogger.