Potensi Zakat Tiap Kecamatan di Karawang Milyaran

PELITAKARAWANG.COM - Kecamatan Lemahabang, sebenarnya menargetkan pemasukan zakat tahun 2019 ini sebesar Rp1,03 Milyar dari 11 desa. Namun, zakat yang masuk dari para Muzakki, jauh dari potensi yang ada.
 
Dikatakan Ketua BAZ Lemahabang, H Dedeng Huzaeni, melihat potensi zakat yang ada, Kecamatan ini sebenarnya memiliki potensi zakat Rp1,03 Milyar, namun yang masuk BAZ melalui UPZ Desa, biasanya hanya setengahnya, bahkan sesekali kurang dari 50 persen. Tapi, ia berhusnudzon saja, mungkin para Muzakki melaksanakan zakat, baik zakat maal, maupun zakat fitrah ada ke Amilin lain, seperti di DKM masjid masing-masing, atau bahkan langsung di distribusikan kepada para mustahiq. "Setengahnya saja masuk ke BAZ sudah Alhamdulillah, berarti masih banyak yang percaya kepada kita, " katanya.

Sementara itu, soal zakat fitrah masyarakat bisa langsung datang kepadanya, atau ke sekretariat BAZ dan UPZ di desa-desa. Dimana Karawang, tahun ini di banderol takaran zakat fitrahnya antara lain Rp32 ribu kalau di uangkan, dan atau 3,5 leter beras, ini tertuang dalam surat Nomor 029/Baznas-Krw/IV/2019 yang terbit sejak 23 April lalu dan sudah di sosialisasikan kepada semua UPZ dan Kepala Desa. Hasilnya, nanti dialokasikan kepada mustahiq sebanyak 80,5 persen sebelum dan juga sesudah idul Fitri. "Kita sudah sosialisasikan kepada UPZ dan juga masyarakat kaitan besaran zakat fitrah dan alokasinya. " Pungkasnya. (Rdi).
Diberdayakan oleh Blogger.