PELITAKARAWANG.COM - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, pasar modern dan sejumlah toko parsel di Pasar Tuparev disidak Satuan Tugas (Satgas) Polres Karawang dan Dinas Pangan, Senin 27/5. Satu persatu parsel di bongkar dan di cek unguk memastikan tanggal produk semua makanan, aman. Selain Satgas dari polres, sidak berjamaah itu juga di ikuti Satgas Pangan, Kadis Pangan, Kadis Pertanian, Kadis Kesehatan, Kadis Perikanan, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Ketua Apli.

Kepala Dinas Pangan, Kadarisman mengatakan, tim dewan ketahanan pangan bersama satgas pangan Polres Karawang melakukan sidak ke pasar modern (Lotte Grosir) dan pusat parcel di Jalan Tuparev. Kegiatan ini dalam rangka keamanan pangan menjelang hari besar keagamaan nasional. “Kita cek, terutama masa kedaluwarsa pangan dalam parcel. Hasilnya sampel dalam keadaan sesuai dengan ketentuan Badan Pengawas  Obat dan Makanan (BPOM). Sidak kali ini tidak ditemukan produk kedaluwarsa,” ungkapnya.

Pihaknya beri peringatan para pedagang, agar parcel yang sudah siap jual, jangan terpapar sinar matahari dan sembarangan dijual di depan trotoar. Begitupun kepada calon konsumen,kiranya bisa lebih teliti kembali sebelum membeli. Konsumen yang terlanjur membeli parcel tidak layak, segera kembalikan ke penjualnya. Ini komitmen penjual, nanti yang kedaluwarsa dikembalikan ke distributor untuk tidak dijual/dimusnahkan. "Penjual sudah komitmen, yang kadaluarsa harus diterima untuk di kembalikan, " ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Bimantoro mengatakan, tujuan sidak ini adalah untuk mengantisipasi adanya dugaan produk makanan dan atau minuman yang sudah kedaluwarsa yang dijual didalam kemasan, atau parsel dalam rangka datangnya Hari Raya Idul Fitri1440 H. "Dalam sidak, sementara belum. ditemukan produk makanan dan atau minuman yang dalam kondisi kedaluwarsa,” pungkasnya. (Rdi).