SMK Swasta Buka PPDB di Karawang Lebih Awal

PELITAKARAWANG.COM -Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Negeri, baru akan di buka 17-24 Juni mendatang, namun sejumlah SMK Swasta justru beberapa diantaranya sudah memulai tahapan setiap gelombangnya, bahkan sampai ada yang sudah tutup pendaftaran. 

Ketua PPDB SMK Indonesia Mas, Ayip Saepudin misalnya, pihaknya sudah membuka pendaftaran siswa baru sejak 2 Februari - 31 Maret di gelombang pertama. Sampai saat ini menginjak di gelombang 3 tepatnya 9 April - 12 Mei, dimana siswa lulusan SMP sudah mengantongi Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU), pihaknya sudah menerima 450 siswa dari jumlah kuota yang dibutuhkan 500 siswa. Bahkan, karena lokasi SMK di perbatasan Subang - Karawang, sebanyak 45 persen diantaranya calon siswa baru itu datang dari Subang. "Kita buka gelombang pertama saja sejak 2 Februari, sekarang gelombang tiga sudah masuk 450 calon siswa baru yang daftar, " katanya. 

Selain melampirkan persyaratan sambung Ayip, para siswa juga ikuti tes wawancara dan pemberkasan setelah mendaftar. Semua tahapannya, berjalan lancar. "Ada yang difasilitasi SMP asal, ada juga yang datang sendiri dan bersama orangtua, yang jelas PPDB yang berjalan, cukup lancar, " ujarnya.
Sementara itu, guru SMK PGRI Telagasari Yan Yan Sopyan ST mengaku, SMKnya sudah tutup pendaftaran siswa baru. "Kuota sudah mencukupi, kita sudah tutu0 pendaftaran, " katanya. 

Senada dikatakan Kepala SMK Taruna Karya Mandiri (TKM) Tempuran, pihaknya sudah membuka PPDB gelombang 1 dengan jumlah pendaptar/peserta tes masuk 294, sementara yang lulus tes dan diterima 233 orang, sementara untuk gelombang ke 2 pendaptarannya sudah dimulai dr tanggal 6 mei sampai tanggal 1 Juli, tes nya tanggal 4 juli, "Kita sudah menerima 294 pendaftar dan yang lolos 233 orang, gelombang 2 sudah mulai 6 Mei kemarin,"Ujarnya. 

Sinta, Guru SMK Wirasaba Lamaran menuturkan, baru gelombang 1 dibuka, sudah terisi 4 kelas. Rencananya, pihak SMK baru akan menutup sampai dengan bulan Juli nanti. "Batu 1 gelombang terisi 4 kelas, "Katanya.

Kepala SMK TMKM Cikampek, Iwan Sumitra juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya, tidak ada pelanggaran jika SMK Swasta buka langsung dulu PPDB ini, dan memang rata -rata sudah mulai penerimaan di akhir-akhir April ini." Gak ada aturan larangan membuka PPDB lebih awal, semuanya juga sudah start sejak bulan-bulan sebelumnya, " ungkapnya.

Kepala SMKN 1 Cilamaya, Mashanudin mengungkapkan, untuk sekolah berstatus negeri baru akan buka PPDB online pada 17 - 22 Juni mendatang sesuai jadwal dan arahan kriteria. Dirinya tak menampik, bahwa swasta sudah membuka pendaftaran lebih awal, bahkan sebagian ada yang sudah tutup. Tapi, memilih negeri biasanya memang sudah pilihan, bukan alternatif. Jadi, ia rasa, sekolah negeri juga tetap akan menerima banyak siswa pada waktunya. "Iya mereka sebagian bahkan sudah ada yang tutup, kita baru akan buka 17 Juni nanti, " pungkasnya. (Rdi).
Diberdayakan oleh Blogger.