Selasa, Juni 18, 2019

28 Juni, Batas Akhir Pengajuan Pjs Kades

 

PELITAKARAWANG.COM. - SK 33 Kades di Karawang  masih tersisa  sebulan lagi, karena tertanggal 18 Juli, para pimpinan pemerintahan desa itu, sudah harus menanggalkan jabatannya. Namun, Pemkab Karawang sudah ancang-ancang menyiapkan Penjabat Sementara (Pjs) Kades sebelum jabatan mereka habis, pasalnya, saat SK di cabut dan diberhentikan dari jabatannya, para kades definitif itu langsung diganti Pjs, tanpa jeda Pelaksana Harian (Plh) dari non PNS. 

Kasie PMD Kecamatan Cilamaya Kulon, Warid Wahidin mengatakan, di Kecamatannya ada 3 kades yang akan habis jabatan 18 Juli mendatang, antara lain Kades Pasirjaya, Kades Sukamulya dan Kades Bayurkidul. Namun, sesuai arahan DPMPD, pihaknya harus menyampaikan agar bisa segera menyiapkan ajuan Penjabat Sementara (Pjs) Kades dari kalangan PNS paling lambat pada 28 Juni ini. Sehingga, dimungkinkan, desa yang ditinggal jabatan oleh kades pada 18 Juli, langsung terisi oleh Pjs di tanggal 19 Juli usai SK pengangkatan dari Bupati turun. "Kades habisnya Juli, tapi pengajuan Pjs sudah harus dari sekarang, karena di batasi maksimal 28 Juni mendatang, " katanya. 


Langkah-langkah penunjukan Pjs,sambung Warid, tentu saja melalui musyawarah BPD, LPM dan pihak terkait termasuk Kecamatan. Dalam pelaksanaanya, yang prioritas menjadi Pjs dari kalangan PNS itu adalah mereka yang diluar tenaga pendidikan, kesehatan dan pejabat struktural yang ada kaitannya dengan panitia panti uji. Soal nama khusus di Cilamaya Kulon, sebutnya, dirinya masih menunggu musyawarah lintas pemerintah desa bersangkutan dan kecamatan. Yang jelas, diutamakan mereka yang sudah faham urusan pemerintahan desa. "Pengusulan Pjs Kades tidak serampangan, karena harus melalui tahap usulan, Musyawarah BPD dan pegawainya dan juga rekomendasi kecamatan, " pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top