Selasa, Juni 11, 2019

33 Kades di Karawang Habis Jabatan Sebulan Lagi

 

PELITAKARAWANG.COM.-Sedikitnya,33 Kepala desa bakal habis masa jabatannya pada 13 Juli mendatang.Namun,para Kepala Desa yang akan di berhentikan SK serentak oleh Bupati Karawang itu,nampaknya masih belum bisa tenang. Mengingat, pelaksanaan Pilkades,nihil di selenggarakan tahun ini. Karenanya, jelang penggantian oleh Penjabat Sementara (Pjs) dari kalangan PNS, sejumlah kades mewanti-wanti agar dana transfer desa yang tersisa, bisa di prioritaskan cair sebelum habis jabatan.

Kades Pasirjaya, Mahrus Umar mengakui,jabatannya akan habis 13 Juli mendatang.Berkoar apapun,tidak bisa memperpanjang SK sampai dengan pelaksanaan Pilkades karena terbentur aturan.Meskipun demikian,jelang menanggalkan jabatan, ia inginkan agar Pemkab bisa memprioritaskan desa-desa di 33 desa yang kadesnya akan habis, utamanya soal fisik dan program lainnya. Sehingga, Pjs yang akan melanjutkan sementara nanti, bisa lebih rapi meneruskan program lebih berkelanjutan. "Inginnya SK di perpanjang, tapi ya mau bagaimana? Ya kalau bisa prioritaskan dana transfer desanya, keburu gak keburu di upayakan, " katanya.

Senada dikatakan Kades Bayurkidul,H Tolib. SK jabatan berakhir sebulan lagi, baginya tidak jadi soal.Hanya saja, penggantinya nanti saran Tolib,diharapkan Pjs dari PNS yang bisa di rekomendasikan internal kepala desa.Karena, program pembangunan harus berkelanjutan dan berjalan optimal untuk saling komunikasi, mengingat,jabatan Pjs nanti itu hampir setengah tahun sampai pelaksanaan Pilkades di tahun 2020. Lebih dari itu, tambah Tolib,ia harapkan, Pemkab bisa prioritaskan dana-dana transfer desa lebih cepat turun bagi desa yang akan habis jabatannya. Sehingga,habis jabatan,tidak menyisakan beban hutang kepada Pjs,utamanya urusan pertanggungjawaban. "Kalau boleh saran, nanti Pjs itu harus libatkan rekomendasi kades yang habis jabatan, " ungkapnya

Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMPD Karawang, Andry Irawan mengaku, Masa jabatan kepala desa adalah 6 tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Dari ketentuan tersebut dan berdasarkan database DPMD, bahwa, 33 kades berakhir pada Juli 2019, ada juga 11  Kades berakhir pada Desember 2019 dan 1 Orang Kades pada Januari 2020. "Masa jabatan kades 6 tahun, dari data base, Juli ini ada 33 Kades yang habis masa jabatannya, " ungkapnya.(Rdi).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top