PELITAKARAWANG.COM-.Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Jabar, menghimbau kepada masyarakat atau perusahaan untuk memilih travel agent  resmi jika akan menggunakan travel untuk berbagai kegiatan.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Astindo Jabar, Joseph Sugeng Irianto mengatakan,penggunaan travel agent resmi diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penelantaran wisatawan yang sering terjadi oleh travel agent yang tidak resmi.
“Menghimbau secara langsung saja kepada seluruh masyarakat Jabar atau calon turis untuk memilih travel agent yang resmi dalam arti memiliki legalitas dan juga kopetensi,” ucapnya.
Menurut Joseph,disaat musim libur banyak sekali bermunculan travel-travel agent musiman atau dadakan yang tidak resmi dengan memanfaatkan kebutuhan masyarakat akan travel agent.
“Banyak juga travel agent yang tidak resmi menelantarkan, ini banyak sekali,” kata Joseph, dalam sebuah acara di Bandung beberapa waktu lalu.
Joseph menyatakan, masyarakat atau calon wisatawan berhak menanyakan langsung kepada travel agent mengenai legalitasnya sebelum menggunakan travel yang bersangkutan.
“Tidak salah kalau setiap turis atau calon wisatawan kalau memesan paket wisata tanyakan dulu legalitasnya, anda legal atau tidak mana lihat surat izin legalitas dan anggota dari asosiasi tertentu,” ujarnya. (rls)