Rabu, Juni 26, 2019

Balon Kades PAW Jayanegara di Prediksi 5 Orang

 

PELITAKARAWANG.COM-Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) Jayanegara Kecamatan Tempuran, sudah dibuka tiga hari terakhir sejak Senin 24/6. Jelang penutupan Jumat lusa 29/6, baru satu Balon saja yang sudah resmi mendaftar ke meja Panitia Musyawarah Desa (Musdes), atas nama Ajat Sudrajat, yang tiada lain merupakan adik kandung Kades Jayanegara Almarhum Suwanda. 

Ketua Panitia Musdes Jayanegara, Ajam Jamaludin mengatakan, pendaftaran sudah dibuka sejak Senin kemarin, saat ini pihaknya baru menerima satu Balon Kades yang daftar resmi ke meja panitia, yaitu atas nama Ajat Sudrajat yang saat ini masih menjabat Dirut BUMDes Jayanegara. Pihaknya, masih menunggu pendaftaran dari warga lainnya yang berminat nyalon kades PAW yang akan menjabat sekitar 1,5 tahun lagi. Sejauh ini, dirinya memang sudah santer mendengar kabar balon lainnya yang akan daftar, yaitu atas nama Ibu Ratna, tokoh masyarakat Jayanegara, hanya saja yang bersangkutan masih menunggu hari yang tepat untuk mendaftar. Bahkan, calon lainnya di perkirakan akan menyusul jelang akhir penutupan, sebelum akhirnya memulai pemberkasan pada 1 - 6 Juli. "Baru satu yang mendaftar resmi, kita tunggu sampai tanggal 29 Juni ini, kalau calon lebih dari 5 ada seleksi nantinya, karena dibatasi hanya 5 calon saja, " katanya. 

Ajam menambahkan,pelaksanaan Musdes sendiri dilaksanakan di tanggal 1 Agustus dengan anggaran hibah dari Pemkab Rp25 juta, sementara dalam hitungan pelaksanaan dari mulai tahapannya, Musdes yang akan melibatkan perwakilan pegawai desa dan tokoh itu membutuhkan biaya paling sedikit Rp40 jutaan, dimana kekurangannya bisa didapati dari pihak ke 3. Karenanya, anggaran pelaksanaannya saat ini sudah dalam tahap ajuan yang diharapkan cair sebelum pelaksanaan, karena untuk sementara waktu, panitia yang berjumlah 7 orang ini belum mendapati operasional. "Anggaran sudah disiapkan Pemkab Rp25 juta, tempat pelaksanaan nanti di depan kantor Desa Jayanegara, " ungkapnya. 

Pjs Kades Jayanegara,Cacam Dilaga mengatakan, pihak pemerintah desa sudah mengajukan anggaran buat hibah untuk pelaksanaan Musdes. Meskipun sifatnya hibah, tetap ada Surat Pertanggungjawaban (SPJ) kepada Pemkab. Diharapkan, panitia yang sudah dibentuk bisa bekerja optimal sesuai aturan yang berlaku dan bisa menggawangi pelaksanaan Musdes dengan lancar dan tertib. "Kita sudah mengajukan, segala kekurangannya bisa dari pihak ke 3, " katanya. 

Selain Ajat Sudrajat dan Ratna, nama lain yang di gadang-gadang maju nyalon Kades Jayanegara antara lain Royadi, Mantan Kades Purwajaya tahun 2001 dan ada juga nama Esin, mantan Calon Kades ditahun 2001. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top