Rabu, Juni 26, 2019

Bikin Koperasi, Perhatikan Pesan Dinas ini

 

PELITAKARAWANG.COM - Hanya dengan bermodalkan guyub sekurang-kurangnya 20 anggota, Koperasi bisa dibentuk. Namun, koperasi yang akrab di sebut "Soko Guru" itu, tidak bisa serampangan berdiri tanpa izin jika tidak mau di sebut ilegal. 

Kabid kelembagaan dan pengawasan koperasi Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Surisno mengatakan, dengan jumlah anggota 20 orang, semua warga dan komunitasnya bisa mendirikan koperasi. Namun, ada sejumlah syarat, agar koperasi itu bisa legal dan di akui pemerintah, seperti beragam perizinannya. Sebab, Koperasi itu harus punya SK Dinas dan memiliki akta pendirian koperasi, baru setelahnya melengkapi syarat SITU dan SIUP bersama dengan NPWP. "Ada 20 orang saja bisa bikin koperasi, tapi kalau ingin legal ya lengkapi syaratnya, " ujarnya.

Risno menambahkan, koperasi yang mulai merintis pembentukannya sampai Juni ini, ada sekitar 20 unit, pihak Dinas siap fasilitasi akte pendirian koperasi termasuk segala macam perizinan yang belum sempurna dan permodalannya. Pihak Dinas, tidak jemput bola memaksa komunitas di daerah mendirikan koperasi, karena koperasi didirikan berasaskan kekeluargaan dan sukarela. Oleh sebab itulah, pihaknya hanya sebatas mensosialisasikan pentingnya berkoperasi dan memberi tahu cara dan kemudahan mendirikan koperasi, baik di lingkungan komunitas, maupun ke sekolah-sekolah. "Tahun ini, baru ada 20 koperasi yang merintis, kita fasilitasi akta pendiriannya, " katanya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top