DPPKB Karawang Targetkan 100 Kampung KB Tahun ini

PELITAKARAWANG.COM-.Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, sukses membentuk 154 kampung KB dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Tahun ini, Dinas itu, menargetkan rampungkan pembentukan kampung KB 100 unit yang tersebar di 100 desa dan kelurahan. (12/06/2019).

Disela-sela sosialisasi dan pembentukan kampung KB, Koordinator penyuluh KB Kecamatan Cilamaya Wetan,Dahlan mengatakan, pihaknya sudah mengundang 3 desa, yaitu Desa Cikalong, Mekarmaya dan Muara untuk menjadi kampung KB tahun ini. Karena sebelumnya, sudah ada 5 desa yang terbentuk program serupa. Sebab, selain menjadi target Bupati Karawang yang diharapkan tuntas dibentuk sebelum masa jabatannya habis. Program kampung KB, juga merupakan pelaksanaan dari program Nawa Cita Presiden soal pengentasan kemiskinan. "Tahun ini, Cilamaya Wetan berkontribusi 3 kampung KB, " katanya. 

Dahlan menambahkan, khusus Muara, lokasinya tahun ini di Dusun Tanah Timbul, yaitu berada di pesisiran sesuai dengan sasaran kampung KB itu sendiri yang lokasinya di daerah pesisiran dan juga dianggap KS1 (Miskin) juga kumuh. Setelah sosialisasi ini, sebutnya, langsung dibentuk struktur, program dan juga kelompok kerja (Pokja) yang bertugas untuk rencana kerja cakupan wilayah. Sebab, kampung KB ini, bukan sebatas urusan kontrasepsi, tapi semua instansi ikut berbaur, seperti remaja SMA, program Bina remaja, lansia dan semua elemennya. "Sosialisasi dan pembentukan ini akan di tindaklanjuti dengan Pokja dan programnya, " katanya. 

Hj Sopiah,Plt Kepala DPPKB Karawang,mengatakan sebelumnya, Karawang sudah membentuk 154 kampung KB. Tahun ini, di targetkan bisa rampung 100 kampung KB. Hanya saja ia meminta semua kampung KB dan masyarakat sekitarnya, agar tidak "Tuk Cing" alias di bentuk cicing.Dengan kata lain, mubadzir tanpa ada kegiatan dan tidak lanjut pergerakannya. Karena, dengan dibentuknya kampung KB ini, pihaknya sudah anggarkan pergerakan program kampung KB, utamanya wilayah atau dusun tertinggal di semua aspeknya. Jadi kalau ada penyuluh dan koordinator yang tidak menggerakan, segera lapor ke dinasnya, karena program ini sudah masuk RPJMD. "Jangan tukcing, sudah di bentuk cicing. Harus ada pergerakan, jadi kalau ada penyuluh yang malas-malasan, segera lapor kepada kami, " ungkapnya. 


Hadir sebagai pemateri sosialisasi pembentukan kampung KB di Aula Kantor Desa Muara, Rabu 12/6 itu, Dr Drs Banuara Nadeak MM, Dosen Paska Sarjana Magister Manajeman Fakultas Bisnis Unsika, yang tak lain mantan Kepala DPPKB Karawang sebelumnya. (Rdi).
Diberdayakan oleh Blogger.