Senin, Juni 10, 2019

Halal BI Halal, Bupati Serius Beres-beres Program

 

PELITAKARAWANG.COM - Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana pimpin apel pagi di Plaza Pemkab, Senin 10/6. Di hadapan para kepala SKPD, apel yang dipadukan dengan halal bi halal usai cuti idul Fitri tersebut, Bupati memperingatkan program dan pelayanan di sisa jabatannya yang tinggal 2 tahunan lagi itu, di genjot sesuai target RPJMD Kabupaten 2016 - 2021.

"Taqobbalallahu Minna Wa Mingkum, atas nama Pemerintah Daerah dan Pribadi, kami mengucapkan selamat Idul Fitri 1440 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin, " Kata Cellica mengawali sambutannya. 

Ia menambahkan,Karawang saat ini kembali mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI kali ke empat berturut-turut, untuk itu sebutnya,ia haturkan selamat dan predikat ini merupakan prestasi bersama semua pihak, termasuk para PNS.Tentu saja,capaian ini harus di pertahankan ditahun-tahun berikutnya. Adapun catatan dari BPK, ia harapkan segera di tindaklanjuti dan di laporkan kepadanya secara berkala, sehingga dirinya tahu, apa saja capaian yang belum dilaksanakan dengan baik, termasuk sebut Cellica, catatan pada suatu SKPD tertentu bisa jadi acuan bagi SKPD lain untuk memperbaiki tatanan yang ada. "Kita meraih WTP untuk kali ke empat berturut-turut, capaian ini harus terus bertahan di tahun-tahun berikutnya, " pesannya.

Cellica menambahkan,selain WTP, Indikator keberhasilan penyelenggaraan pembangunan daerah yang di tetapkan pusat seperti,indeks reformasi birokrasi,sakip,LPPD dan indikator lainnya harus menjadi perhatian bersama, diantaranya dengan membuat perencanaan yang matang, tentukan target, evaluasi berkala sesuai standar, karena apapun itu,indikator ini akan jadi barometer antar satu kabupaten/kota lainnya.Sehingga, capaian yang tinggi akan membanggakan Pemkab, dan masyarakat Karawang pada khususnya. "Semua indikator harus di garap dengan perencanaan matang, evakuasi berkala dan juga memiliki target yang jelas sebagai barometer dengan kabupaten/kota lainnya, " ujarnya. 

Bupati menambahkan,semester pertama tahun anggaran 2019 hampir selesai,ia meminta cek kali program dan kegiatan yang belum dilaksanakan,apabila ada kegiatan yang tidak sesuai target capaian RPJMD, maka harus di evaluasi, bahkan bisa dialihkan kepada program yang lebih prioritas dianggarkan di perubahan 2019 atau juga anggaran 2020. "Cek kembali capaian target RPJMD 2016 - 2021 secara detail, karena waktu kita 2 tahun lagi. 

Saya minta progresnya sejak 2016 sampai sekarang, jika ada target yang belum di capai, ayo diskusikan dan cari solusi bersama, termasuk soal janji politik Bupati-Wakil Bupati " katanya. 

Lebih jauh Bupati menyebut, bahwa di sisa tahun RPJMD ini, dirinya ingin program dan kegiatan yang harus mencerminkan kebutuhan masyarakat. Pembiayaan terhadap kegiatan, jangan sampai berdasarkan pada eskistensi tupoksi saja,melainkan harus berdasarkan kemanfaatan yang dirasakan oleh masyarakat, jadi kalau ada jabatan dan tupoksi yang belum support terhadap arah pembangunan, kiranya dapat di evaluasi kembali. "Liburan telah selesai kita harus fokus kembali pada target-target sesuai tupoksinya, semoga apa yang saya sampaikan ini di tindaklanjuti semua ASN di Karawang ini, dan selalu diberi pertolongan Allah SWT, Amin, " pungkasnya. (Rdi).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top