Selasa, Juni 04, 2019

Ini Kreatifitas Warga Cilamaya di Malam Takbiran

 

PELITAKARAWANG.COM - Menyaksikan kemeriahan malam takbiran, tidak mesti berbondong menuju pusat kota. Buktinya, kreatifitas masyarakat Cilamaya memeriahkan takbir keliling, menyita perhatian masyarakat. Pasalnya, selain banjir replika binatang yang ditanggung di sepanjang jalur Karasak - Cilamaya, varian dandanan masyarakat juga jadi pemandangan yang mengundang gelak tawa, takut dan juga sedih. Tak ayal, tampilan horor seperti tuyul, pocong, kuntilanak, sampai kostum kerajaan lawas di pamerkan sempurna saat takbir keliling.Tidak itu saja, pernah-pernik lampu hias, ikut mempercantik replika masjid binatang seperti unta, lebah, belalang, celeng, gajah, harimau putih sampai ayam, membuat suguhan malam takbiran di Cilamaya Wetan, berlangsung paripurna.

"Saya dari Blanakan Subang, sengaja ke jalur Cilamaya - Karasak ini, sebab banyak seniman dan kreatifitas masyarakat memeriahkan malam takbiran, " Kata Gugun. 

Senada dikatakan warga Cilamaya lainnya, Jajang. Semua persiapan membuat replika dan dandanan ini sudah dilakukan H-10 Ramadan, caranya dengan menghimpun dana dari warga melalui kegiatan Obrog.

Hasilnya, di belikan beragam media untuk membuat replika binatang, bangunan dan juga operasional di malam takbiran keliling. Beberapa Desa yang banyak menggelarnya, diantaranya Desa Tegalsari, Tegalwaru, Mekarmaya dan Cilamaya. Tak ayal, saat bakda Isya mulai, arak-arakan membuat macet jalanan. " Kegiatan ini setahun biasanya dua kali, yaitu saat Agustusan dan Malam Takbiran, " pungkasnya. (Rdi).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top