Rabu, Juni 12, 2019

Inspektorat Garap Muspika Kecamatan Cilamaya Wetan

 

PELITAKARAWANG.COM.- Pemerintahan Kecamatan Cilamaya Wetan, Selasa 12/6 kemarin, digarap pemeriksaan dan evaluasi inspektorat. Pemeriksaan perdana tersebut di lakukan jelang  pemeriksaan ke desa - desa di hari berikutnya. 

Di katakan Plt Irban 4, Muhammad Nuh, untuk pemeriksaan evaluasi meliputi 3 desa, diantaranya Desa Muara Baru, Desa Sukakerta, dan Desa Mekarmaya.


Kemudian pemeriksaan tujuan tertentu mengenai Dana Desa (DD), diantaranya Desa Muara dan Desa Cikarang. Kemudian riksus Akhir Masa Jabata (AMJ), Desa Sukatani, Desa Cikarang, dan Desa Rawagempol Kulon. "Mudah-mudahan tidak ada perubahan jadwal di tanhga 4 Juli 2019. Ada 8 desa yang kita periksa, di awali di tingkat kecamatan terlebih dahulu saat ini," katanya. 

Dalam hal ini, inspektorat lakukan pemeriksaan di 3 kriteria berbeda. Untuk pemeriksaan evaluasi, berfokus pada pemeriksaan anggaran kabupaten atau ADD yang di dalamnya ada fisik dan non fisik, termasuk kegiatan kelembagaan, PKK dan BPD. 


Sementara untuk Riksus AMJ, pigaknya periksa selama Kades menjabat kurang lebih 5-6 tahun. "Sejak dia di lantik sebetulnya kita sudah mulai pemeriksaan, mulai dari dia duduk di pemerintahan hingga akhir masa jabatan itu kita periksa," ucapnya.

Dalam setiap pemeriksaan, lanjut M Nuh, di pastikan selalu ada temuan. Sementara, saat kades habis masa jabatan dan di temukan sesuatu yang bermasalah.Sepanjang dia menjabat, kemudian nanti yang belum,di tindak lanjuti oleh perangkat desa itu."Banyak temuan namun bervariasi, tapi kalau di tanya detail saya kurang hafal. Karena banyak banget. Namun yang paking banyak bermasalah yaitu pajak, dan kadang ada juga kendaraan bermotor yang sudah harus di setorkan, itu kita tindak lanjuti," katanya.

Namun,kata M Nuh,banyak diantara kepala desa yang membangun fisik tanpa di barengi SPJ. Di satu sisi pembangunan fisik sudah selesai, namun SPJnya sendiri belum selesai,itu yang nantinya akan di tindak lanjuti. "Harapan kami, untuk yang melaksanakan pemeriksaan khusus AMJ, semua bisa si selesaikan. Adapun yang belum, harus segera di selesaikan," pungkasnya. (Rdi).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

BERITA TERBARU

Back to Top