Kamis, Juni 27, 2019

Penarikan Dana Cukup Pakai Cek, Ini Kata BJB Karawang

 

PELITAKARAWANG.COM-Perpindahan rekening desa dari tabungan ke rekening giro, bukan tanpa dasar di berlakukan bagi 297 desa di Karawang.Selain menjadi program Pemprov Jawa Barat,transaksi non tunai yang di implementasikan juga merupakan amanah Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 tahun 2016. (27/06).

Kepada PELITAKARAWANG.COM,Manajer Operasional Bank Jabar Banten (BJB) Karawang,Dina Kuraesin mengatakan, perpindahan rek desa dari tabungan ke rek giro, latar belakangnya adalah program pemerintah provinsi Jawa Barat,dan ditindaklanjuti dengan Memorandum of Understanding (MOU) antara pemprov jabar dan bank bjb dan diteruskan melalui edaran DPMPD Jawa Barat Nomor  538/1255/sekre tentang penyiapan perubahan rek desa menjadi rek giro pemerintah desa di Jawa Barat. Hal ini, sebutnya, sejalan dengan Inpres Nomor 10 tahun 2016 tentang percepatan implementasi transaksi non tunai diseluruh kementrian/lembaga pemerintah daerah dan Surat Edaran Mendagri Nomor 910/1866/SJ dan no 910/1867/SJ tentang implementasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah.

"Banyak latar belakang yang mendasari diberlakukannya transaksi non tunai ini, salah satunya ya memang program Pemprov Jawa Barat, " katanya. 

Dina menambahkan,tujuan diberlakukannya ini,sebagai upaya peningkatann dan pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas layanan perbankan. Soal teknis sebutnya, sama saja dengan rekening buku pada umumnya, hanya di penarikan, jika para kades biasanya menggunakan buku rekening, sekarang bisa langsung pake cek. Hal ini, sebutnya, sudah diberlakukan di berbagai Kabupaten/Kota lainnya. "Bedanya di penarikan saja sih, biasanya pakai tabungan rekening sekarang bisa langsung pakai cek, " katanya. 

Setelah sosialisasi ini,sambungnya,pihaknya juga akan menindaklanjuti dengan edukasi kepada para kades dan bendahara kaur keuangannya, utamanya soal alur dan prosedurnya yang harus dilakukan, baik soal penomoran dan angka-angka lainnya. "Kita akan tindaklanjuti dengan edukasi lagi kepada para kades dan kaur keuangannya soal ini, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top