Viral, Odong-Odong 90 Tanggungan di Hajatan Juragan Ikan

PELITAKARAWANG.COM. - Hajatan bagi keluarga juragan Ikan asal Dusun Peundeuy RT 02/09 Desa Cicinde Utara Kecamatan Banyusari "Bos Jono " mungkin terbilang mewah. Selain menikahkan putrinya yang sama-sama besanan dengan juragan ikan, Bos Jono juga menggelar hajat besar Khitanan dengan pesta karnaval arak-arakan odong-odong yang tidak lazim dari biasanya. Bayangkan saja, pikulan odong-odong yang biasanya tak kurang dari 15 - 20 unit, jauh melampaui pesta khitanan juragan ikan tersebut, tak ayal, jumlah 90 tanggungan itu, di datangkan langsung dari grup asal Subang dan Indramayu, Senin 29/6, sampai - sampai membuat akses jalan Banyusari-Cikalong lumpuh. 


Ketua Karangtaruna Desa Cicinde Utara, Ucin Supriyadi mengatakan,Juragan ikan asal desanya ini sedang hajatan menikahkan putrinya pertamanya bernama Tia Putri dengan putra dari Bos juragan ikan juga asal Cicinde Selatan yang kebetulan berprofesi seorang anggota Polisi. Tidak itu, saja, Bos Jono juga mengkhitan putera ketiganya Ujang Jahra. Hajatan yang digelar tiga hari tiga malam itu, memang tak lazim dari biasanya. Karena, hiburannya odong-odong dengan jumlah 91 tanggungan pada Sabtu 29/6. Tak ayal, Odong -Odong Group ND Delis asal Indramayu dan Singa Lodra asal Subang didatangkan langsung menghibur ribuan masyarakat. "Iya, yang hajat juragan ikan, besannya juga juragan ikan. Hari pertama odong-odong 91 tanggungan yang panjangnya saja sampai 1 Kilometer, " katanya. 

Kemacetan sebut Ucin, sempat lumpuh, karena yang menyaksikan ternyata bukan saja warga Banyusari, tapi dari berbagai kecamatan. Jumlah 91 odong-odong itu, manjak dari rumah Sohibul hajat sampai perbatasan Desa Jayamukti. Tidak itu saja, di Desa Cicinde juga ada 2 keluarga lagi yang hajatan serupa dengan hiburan odong-odong di waktu bersamaan yang jumlahnya 26 pikulan dan satu lagi 15 pikulan. Tak ayal, arak-arakan seharian di Cicinde Utara itu menjadi 131 tanggungan. Jadi, wajar saja, akses jalanan Banyusari - Jatisari lumpuh berjam-jam mari aktivitas odong-odong yang begitu besar. Bahkan, selain melibatkan aparat Polsek, semua anggota Karangtaruna juga dikerahkan untuk pengamanan lalu lintas agar jalannya pesta hajatan odong-odong Akbar ini berjalan lancar. "Selain hajatan Bos Jono, juga ada dua warga lain hajatan serupa hiburannya odong-odong di hari yang sama, jadi totalnya 131 tanggungan, " ujarnya. 

Ucin menambahkan, selain odong-odong, warga juga akan dihibur dengan Musik Dangdut Diana Sastra asal Cirebon dengan bintang Tamu artis Ibu Kota. Ia berharap, semua kegiatan itu, berjalan lancar. "Selain Odong-odong, hiburan juga ada tarling yang mendatangkan artis ibu kota, " Katanya. (Rdi)
Diberdayakan oleh Blogger.