5 Jaksa Rekomendasi Kejagung Lolos Tahap Awal Capim KPK


PELITAKARAWANG.COM - Total ada 192 pendaftar seleksi calon pimpinan (capim) KPK yang lolos tahap awal atau administrasi. Dari jumlah itu, ada 5 orang jaksa yang direkomendasikan langsung Jaksa Agung M Prasetyo.


Dari daftar yang disajikan pansel capim KPK, Kamis (11/7/2019), terlihat nama 5 jaksa itu. Kelimanya antara lain Sugeng Purnomo, M Rum, Ranu Mihardja, Johanis Tanak, dan Supardi.


Lima jaksa itu sebelumnya direkomendasikan institusi asalnya yaitu Kejaksaan Agung (Kejagung). Bahkan, menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Mukri, 5 jaksa itu lebih dulu diseleksi di internal kejaksaan.



"Sudah diseleksi, sudah diputuskan bahwa itu yang lima diusulkan sebagai calon pimpinan," kata Mukri pada Rabu, 3 Juli lalu.

Selain jaksa, tampak ada sejumlah hakim aktif yang masuk dalam daftar itu. Dua orang hakim yang namanya cukup tersohor yaitu Binsar Gultom dan Nawawi Pomolango.


Binsar yang kini menduduki jabatan hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Banten familiar ketika mengadili kasus kopi sianida dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso. Sedangkan Nawawi dikenal saat mengadili sejumlah kasus korupsi di Pengadilan Tipikor Jakarta, tapi kini Nawawi mengabdi di Pengadilan Tinggi Denpasar.


Sedangkan dari unsur penegak hukum lainnya sudah disebutkan adanya 13 polisi aktif yang juga lolos. Mereka yang lolos itu akan diseleksi dalam tahap selanjutnya dengan uji kompetensi.




sumber : Detik
Diberdayakan oleh Blogger.