Selasa, Juli 23, 2019

50 Anggota DPRD Karawang Ditetapkan KPU

 

PELITAKARAWANG.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karawang menetapkan perolehan kursi partai politik dan anggota DPRD terpilih hasil pemilu 2019, Senin (22/7) di Hotel SwissBellin Karawang. 

Ketua KPUD Karawang Miftah Farid mengatakan, awalnya KPUD Karawang menunggu surat dari KPU RI dan Mahkamah Konstitusi terkait dengan Berita Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Beberapa hari lalu terbit surat edaran dari KPU RI tentang penetapan kursi calon terpilih DPRD kabupaten. “Berdasarkan terbitnya surat tersebut maka kami bersama parpol dan pihak terkait mengadakan penetapan untuk menindak lanjuti surat tersebut. Karena 5 hari setelah surat itu terbit harus sudah ditetapkan,” kata Farid.
Dikatakan Farid, penetapan anggota DPRD dan perolehan kursi berjalan kondusif dan tidak ada gugatan dari pihak partai politik manapun. “Alhamdulillah di Karawang untuk DPRD kabupaten tidak ada gugatan,” kata dia.
Adapun untuk pelantikan, lanjutnya, itu diserahkan kepada pemerintah daerah dan Gubernur Jawa Barat. Kemungkinan, pelantikan akan dilakukan 5 Agustus 2019 seiring berakhirnya masa jabatan anggota DPRD saat ini. “Saya kira tanggal 5 Agustus itu sudah ada pelantikan, agar tidak ada kekosongan,” ujarnya.
Di tempat yang sama, Komisioner KPU Ikhsan Indra Putra menambahkan, dari 50 orang anggota DPRD yang ditetapkan sebagai calon terpilih, beberapa diantaranya ialah pendatang baru. “Pendatang baru sekitar 10 persen,” tambahnya.
Sementara itu, Asda 1 Samsuri mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada sekretariat DPRD Kabupaten Karawang mengenai persiapan pelantikan. Namun karena beberapa waktu lalu ada penundaan penetapan, maka persiapan itu belum ditindaklanjuti. “Karena harus sudah ada penetapan ya. Sekarang parpol harus segera menghubungi sekwan dan memberikan berkas persyaratan,” katanya.
Samsuri mengatakan, untuk jadwal pelantikan akan dilaksanakan pada 5 Agustus 2019 sesuai dengan akhir masa jabatan DPRD. “Rencana tanggal 5 Agustus. Tapi tergantung kesiapan persyaratan yang dikumpulkan,” ujarnya.
Ajang Supandi, ketua DPC Gerindra mengatakan, ia beserta para caleg terpilih dari partai Gerindra sudah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pelantikan. “Kemarin karena diundur jadi dibalikan lagi. Tinggal memberikan lagi ke sekwan. Kita Gerindra sudah siap dilantik semua,” pungkasnya.



sumber : raka

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top