Kamis, Juli 18, 2019

ABPEDNAS Telagasari Samakan Persepsi BPD Lintas Desa

 

PELITAKARAWANG.COM - Asosiasi BPD Nasional (ABpednas) Kecamatan Telagasari, gelar rapat kepengurusan bersama 14 Ketua BPD di sekretariat BPD Talagasari, Rabu Sore 17/7. Selain membahas persamaan persepsi soal administrasi dan SDM BPD masa kini, organisasi mitra desa ini juga tengah ancang-ancang menampung aspirasi dari arus bawah untuk di samakan persepsinya. 

Ketua ABPednas Telagasari, Agus mengatakan, kepengurusan organisasi ini sudah di tetapkan, jadi tidak ada oknum dan pihak-pihak manapun yang mengatasnamakan ABpednas serupa dalam bentuk dan kegiatan apapun. Pihaknya, berupaya menggenjot kualitas dan SDM para anggota BPD di Desa dengan wadah yang siap dibentuk sekretariatnya di Telagasari ini. Mengingat, peran BPD sangat strategis di desa-desa sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 4 tahun 2019. "Kita ingin samakan persepsi dan membangun sinergitas semua BPD di Kecamatan Telagasari, " katanya. 

Agus menambahkan, lebih dari itu, BPD ini sebenarnya senasib sepenanggungan. Utamanya dalam menjalankan fungsi pengawasan dan memonitor kinerja pemerintahan desa. Karenanya, perlu ada stimulan yang lebih baik dan lebih sejahtera bagi BPD. Mengingat, lembaga ini hanya di pos kan di dua mata anggaran, yaitu Alokasi Dana Desa (ADD) untuk Siltap Rp850 ribu perbulan dan Dana Bagi Hasil (DBH) dalam bentuk operasional, walaupun besarannya variasi tergantung kebutuhan dan kebijakan kepala desa. Semua anggaran ini sumbernya adalah APBD Kabupaten. Adapun dari Dana Desa dan BanGub, diharapkan semuanya sama persepsinya soal alokasi dana monitiringnya,."Mata anggaran buat BPD hanya di ADD, adapun di DBH itu operasional kegiatan yang setiap desa ternyata bervariasi besarannya, " katanya. 

Ia berharap, pemerintahan desa dan BPD bisa selalu sinergis dan kompak. Sebab, laporan dan ajuan pemerintahan desa itu, bukan disampaikan kepada orang luar seperti LSM maupun Wartawan, tapi pintu pertamanya adalah BPD. "Kita seragam kantor dulu pandangan dan aspirasi ini, semoga kedepannya bisa terus jaga kekompakan, " pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

LEGISLATIVE KARAWANG

Back to Top