Jumat, Juli 05, 2019

Ayo, Wujudkan Satu Desa Satu Bak Sampah....!

 

PELITAKARAWANG.COM - Maraknya keluhan masyarakat terhadap sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang melalui Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Kebersihan wilayah 4 inginkan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di bangun di tiap desa.


Di katakan salahsatu staf UPTD Kebersihan wilayah 4, Esong, belakangan ini banyak masyarakat yang mengeluh tentang tumpukan-tumpukan sampah. Sementara, pihaknya mengalami kesulitan dalam mengambil atau membersihkan sampah, alasannya, di dalam satu desa saja terdapat beberapa tumupukan sampah. "Di satu desa saja lebih dari 2 titik tumpukan sampah. Coba kalau khusus satu saja TPS," ujarnya.

Menurutnya, jika di satu desa terdapat satu TPSS, selain akan memudahkan pihaknya dalam pengangkutan, kebiasaan masyarakat pun akan bisa berubah dengan sendirinya, seiring dengan berjalannya waktu sesuai kebiasaan yang ada. "Kalau ada TPSS di tiap desa, kebiasaan masyarakat juga akan berubah. Minimal mereka sadar dengan lingkungannya," ucapnya.

Lain halnya dengan yang saat ini terjadi, lanjut Esong, selam ia keliling bersama petugas, tumpukan sampah banyak terjadi dimana-mana. Bahkan, haampir di setiap jembatan, meskipun tak banyak, dapat di pastikan tumpukan sampah itu ada.

Kepala Desa Pulojaya Kecamatan Wadas, H Solehudin mengatakan, persoalan sampah memang tak ada habisnya, terlebih sampah yang berasal dari rumah tangga. Pasalnya, semua kalangan masyarakat di pastikan memproduksi berbagai jenis sampah. Ia mengaku setuju jika di setiap desa diadakan bak sampah, atau tempat sampah sementara. "Karenaa di tiap-tiap desa susah buang sampah. Akhirnya warga banyak buang sampah ke irigasi," pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top