Jumat, Juli 19, 2019

Dandim - Kapolres Tinjau Progres Pembangunan PLTGU Jawa 1

 

PELITAKARAWANG.COM - Dandim dan Kapolres Karawang kompak meninjau progres pembangunan PLTGU Jawa 1 yang digarap PT Jawa Satu Power (JSP) melalui EPC nya di Desa Cilamaya Kecamatan Cilamaya Wetan, Jumat siang 19/7. Didampingi direksi JSP, Dandim bersama Kapolres yang tiba pukul 11.00 siang, keliling area proyek yang memadukan infrastruktur gas (LNG-FSRU) dan pembangkit listrik yang siap memasok listrik Jawa - Bali hingga 11 Juta pelanggan ini. 


Kepada Pelitakarawang.com, Dandim
06/04 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi mengatakan, PLTGU yang mempunyai kapasitas 1.760 MW ini ikut di kawal pihaknya, sejauh mana kegiatan proyek antara perusahaan dengan masyarakatnya. Apakah Protap K3 di jalankan, baik internal maupun eksternalnya dan sejauh mana koordinasinya yang dilakukan. "Kita meninjau saja, ada tiga hal yang kita pesankan setelah kita keliling area proyek ini, pertama itu ya K3 nya, berjalan tidak?, "Katanya.

Endang menambahkan, hal lainnya adalah soal rekrutmen tenaga kerja. Disini sebutnya, ada lembaga atau forum tersendiri yang dibuat secara legal dan formal, maka hindari sebisa mungkin oknum-oknum yang mengatasnamakan maupun memanfaatkan keuntungan dari proses rekrutmen yang ada di tengah masyarakat. Ingat, tandasnya, PLTGU ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Cilamaya memiliki kesempatan dan peluang kerja, sehingga harus di serap dan di utamakan. "Kita berharap, progres pembangunan terus berjalan dan semua tahapannya juga berjalan lancar, " Katanya.

Kapolres Karawang, AKBP Nurendi Irwansyah mengatakan, proyek PLTGU Jawa 1 di Cilamaya yang merupakan bagian dari Program 35.000 Mega Watt (MW) ini, adalah program nasional yang merupakan prioritas Presiden. Maka, selama tahapan hingga rampung yang diperkirakan pada 2021 mendatang, pihaknya harus pastikan kelancarannya.
Ini sekaligus, antisipasi adanya hambatan-hambatan di dalam proyek, gangguan keamanan baik di dalam maupun di luar. Soal K3 misalnya, tahapan ketentuan mengenai keselamatan tenaga kerja dan kepatuhan lingkungan, harus bisa di penuhi sehingga proyek ini tepat waktu dan bermanfaat tanpa mengorbankan kepentingan warga dan pekerja. Tentunya, ia tidak berharap proyek ini terjadi musibah seperti kecelakaan industri. " Tinggal jaga kekompakan lintas sektoral, semuanya bisa berjalan dengan baik, " katanya. 

Ia menghimbau, masyarakat harus sukseskan bersama setiap tahapan proyek ini, karena PLTGU ini memiliki Multiplayer Effect, seperti roda ekonomi yang berjalan di Cilamaya, tenaga kerja dan juga kemaslahatan banyak bagi masyarakat soal pasokan listriknya nanti. Karena itu, pesannya, ia harap bisa saling jaga keamanan, koordinasi dan lapor cepat kepada pihak-pihak terkait saat ada gangguan dan jangan main hakim sendiri.  "Harus sama-sama mengawasi, proyek ini harus berjalan untuk kemaslahatan masyarakat, "pesannya. 

External Affair PT Jawa Satu Power (JSP) Tiga Yulianto mengatakan, ia bersama direksi menghaturkan terimakasih atas kunjungan kerja Dandim dan Kapolres yang masuk ke area Project. Tentu, ini bagian dari support dan kelancaran hubungan bisa terus terjaga, sehingga situasi sosial dan keamanan bisa terus meningkat. Ini, tentunya, jadi momentum yang baik di tengah -tengah projek strategis ini untuk sukseskan bersama-sama. "Ini bagian dari support, semoga kelancaran hubungan bisa terus terjaga, " harapnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top