Dinas Perikanan Bagi-Bagi Hadiah Buat Pokmaswas Aktif


PELITAKARAWANG.COM - Selain di bekali pembinaan materi pengawasan, sedikitnya ada 4 Kelompok Masyarakat Pengawas Pesisir (Pokmaswas) di Karawang yang mendapati hadiah dan apresiasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Karawang. Mereka, dianggap paling aktif menginformasikan kondisi pesisir kepada pemerintah dan nelayan.


Pol Sus Dinas Perikanan dan Kelautan Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, Pokmaswas itu hadir berdasarkan Keputusan Menteri Perikanan dan Kelautan Nomor 58.Kep/Men/2001 tentang tata cara pelaksanaan sistem pengawasan masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan. 

Sebagai wujud apresiasi, para Pokmaswas di pesisir Karawang ini, diberikan pembinaan rutin tentang materi pengawasan. Sekaligus juga, sebut Wawan,  Pemberian Apresiasi terhadap Pokmaswas yang berprestasi terhadap kepedulian Pesisir dan Pengawasan pelaku usaha perikanan se Kabupaten karawang.

"Dinas biasa berikan materi pengawasan, sekaligus berkesempatan memberikan apresiasi kepada Pokmaswas berprestasi, " katanya. 

Wawan menambahkan, pemberian hadiah tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Hendro Subroto di ruang rapat Dinas Perikanan. Adapun beberapa Pokmaswas tersebut, antara lain, Pokmaswas Minajaldri Pasirputih Kecamatan Cilamaya Kulon, Mitra Bahari Tangkolak Kecamatan Cilamaya wetan, Arya Bahari Pusakajaya utara Kecamatan Cilebar dan Pokmaswas Bhakti Mandiri Tambaksari Tirtajaya.  

Dari 13 Kelompok Masyarakat Pengawas Sumberdaya Kelautan perikanan yang ada di Karawang, Mereka berperan aktif dalam menginformasikan langsung tentang kondisi di pesisir dan di laut, khususnya aparat pemerintah baik dari Kabupaten Karawang, DKP Provinsi Jawa Barat maupun Ke Kementerian Kelautan dan Perikanan. "Yang empat ini aktif meberikam informasi kondisi pesisir, jadi mereka diberikan apresiasi oleh Dinas, " pungkasnya. (Rdi)
Diberdayakan oleh Blogger.