Selasa, Juli 02, 2019

Ini Syarat UKM Sempurna Legalitasnya

 

PELITAKARAWANG.COM-Usaha Kecil Mikro dan Menenangkan (UMKM) di Karawang, jumlahnya cukup banyak. Namun, legalitas yang masih belum terpenuhi sempurna, membuat pasar UKM masih sulit bersaing dengan Kabupaten/kota lainnya.   

Pendamping UMKM Karawang, Muhammad Soleh, mengatakan, dirinya kebetulan mendampingi UKM yang ada di Karawang, salah satunya di Kecamatan Tempuran, setiap bulan laporan hasil dari dampingan ini selalu masuk ke Provinsi Jawa Barat.  Lantas, bagaimana hasil produk UKM ini bisa dikatakan legal atau belum, maka harus memenuhi ragam syarat agar pangsa pasarnya juga baik. Ia menyebut, izin-izin yang dimaksud antara lain PIRT, sertifikasi Halal, Izin Usaha Mikro (IKM) dari Kecamatan, manajemen keuangan UMK dan lainnya. Pihaknya, sebut Soleh, siap memfasilitasi perizinan tersebut, utamanya PIRT ke Dinas Kesehatan (Dinkes). "Kita siap berikan pendampingan dan memfasilitasi perizinan tersebut, agar UKM ini bisa miliki pasar yang baik dan terjamin, " katanya.

Pihaknya, sebut Soleh dampingi 45 UKM dan 2 Koperasi saat ini dan terus mengupayakan agar mendapat pasar yang luas. Karena, para pelaku UKM ini, bisa mendapatkan pelatihan di Balai Latihan Koperasi serta di didik enterpreneur. Tidak itu saja, ada juga pelatihan e Comerce agar para pelaku UKM ini bisa menembus pasar digital. "Banyak pelatihan, semua disiapkan akomodasinya termasuk transport bagi para pelaku UKM ini, mulai wirasuahanha maupun sampai cara membuat kemasannya, " katanya. 

Soleh menambahkan, bagi yang sudah ikuti pelatihan dan sertifikat misalnya, pelaku UKM yang usianya dibawah 35 tahun, bisa mengajukan proposal wirasuahanha khusus bagi Wirausaha Pemula (WP) dan dianggarkan bantuan usaha belasan juta rupiah. "Daripada pinjam uang ke bank emok, bagi WP bisa ajukan proposal dengan syarat sudah bersertifikat itu, " pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top