Senin, Juli 08, 2019

KUA : Bulan "Hapit" Sepi Nikahan !

 

PELITAKARAWANG.COM - Bagi Kantor Urusan Agama (KUA), Bulan Syawal sudah biasa banjir permohonan nikah dari masyarakat. Bahkan, dalam sehari, tak kurang dari 2 - 7 mempelai para penghulu KUA menikahkan mempelai di beberapa desa. Tapi anehnya, masuk bulan Shafar atau yang akrab di sebut bulan "Hapit" (istilah Jawa), volume pernikahan menurun drastis, bahkan nihil sama sekali. 
ilustrasi


Hal itu diakui Penyuluh Agama KUA Kecamatan Tempuran, Warhapi. Selama bulan Safar atau Hapit, sama sekali tidak ada daftaran maupun jadwal pernikahan di Kecamatan Tempuran. Ini, sebutnya, bukan persoalan musim panen atau paceklik, tapi memang masih banyak anggapan orang yang menilai pernikahan di bulan Safar merupakan hal tabu atau tak lazim. Kondisi ini berbanding terbalik dengan pernikahan saat ini dibulan Syawal yang lalu, atau daftaran di bulan haji mendatang, dimana banyak orang yang memilih hajatan, baik pernikahan maupun khitanan di bulan itu. "Bulan Hapit itu masih sering di identikan sebagai hal "Pamali" buktinya, gak ada yang menikah di bulan ini, " katanya. 

Tercatat, sambung Warhapi dalam sebulan lalu, walaupun harinya sama 30 harian, tetapi jumlah mempelai yang menikah di 14 desa di Kecamatan Tempuran, mencapai 117 mempelai. "Jauh beda, bulan Syawal kemarin yang menikah sebanyak 117 mempelai, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top