PELITAKARAWANG.COM-.Pemerintah Provinsi Jabar tengah menyiapkan anggaran untuk membantu para siswa kurang mampu yang baru mendaftar di SMA dan SMK tahun ajaran 2019/2020.
Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan anggaran sekitar Rp14 miliar dari hasil keputusan Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan diberikan pada sekitar 7000 siswa Kurang Mampu yang didata oleh Dinas Pendidikan Jabar. Sudah diakomodir, sudah disetujui gubernur," ujarnya.
Menurutnya kebijakan itu diambil karena tahun ajaran baru ini banyak orang tua siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi. “Kita sebagai negara wajib membantu kepada siswa yang relatif Kurang Mampu dari sisi ekonominya,” katanya.
Rencananya dari anggaran Dinas Pendidikan,siswa, diperkirakan mendapat bantuan sebesar Rp 2 juta untuk dana pendidikan semisal uang bangunan. "Besarannya masing-masing siswa dapat Rp 2 juta.Anggaranya dari efisiensi di dinas pendidikan,” ujarnya.
Menurutnya upaya ini merupakan rangkain dari rencana Ridwan Kamil menggratiskan biaya SPP SMA/SMK pada tahun ajaran 2020. Iwa memastikan meski masih dihitung, rencana ini bisa dilakukan karena dinas pendidikan melakukan efisiensi di sejumlah pos anggaran. “Sudah ACC pak gubernur,” katanya,(red).