Rabu, Juli 03, 2019

Pasokan Air Sawah Masih Aman

 

PELITAKARAWANG.COM- Musim kemarau panjang, tidak serta Merta membuat pengairan sawah di sejumlah golongan air di Kecamatan Lemahabang menyusut. Pasalnya, mengawali tanam di musim tanam gadu 2018 ini, pengolahan tanah sudah mencapai 2.024 hektar. 

Penyuluh Pertanian Kecamatan Lemahabang, Suhada SP mengatakan, pengolahan tanah MT Gadu di Lemahabang sudah mencapai 2.024 hektar dan Sementara pasokan air di irigasi sejauh ini masih terbilanh cukup. Meskipun demikian, pihaknya harus terus berkoordinasi dengan pengamat pengairan agar stok air tidak kurang mengingat masih lamanya musim penghujan tiba. Khusus di golongan air 2 sambung Suhada, sampai saat ini tanaman sudah hampir rata-rata 30 Hari Setelah Tanam (HST) dan kondisi air juga masih cukup, sementara di golongan 3 masih banyak yang pengolahan. "Golongan 2 sudah tanam 30 harian, dan di golongan 3 sudah mulai pengolahan dengan inentsitas pengairan masih cukup aman, "katanya. 

Lebih jauh Suhada menambahkan,di musim tanam gadu ini, varietas yang ditanam para petani antara lain Mekongga dan Ciherang juga varietas invari 32. Diharapkan, selain stok air cukup sampai masa panen, para petani juga diwanti-wanti untuk merawat tanaman di usia vegetatif dan generatif dari ancaman Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) seperti hama di kemudian hari. "Semoga air cukup sampai masa panen, " harapnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top