Selasa, Juli 09, 2019

Payah, Lomba Sinergitas Kecamatan Tanpa Anggaran

 

PELITAKARAWANG.COM. - Pemkab Karawang gelar lomba sinergitas kecamatan. Namun, lomba yang mengintip capaian penyelenggaraan pemerintah kecamatan bersama Muspika lainnya ini, dianggap seremonial yang tanpa anggaran. Selasa pagi 9/7, lomba sinergitas sambangi Kecamatan Lemahabang. Di pimpin Sekretaris Dinas DPMPD, lomba tersebut garap sejumlah pejabat kecamatan dan unsur lainnya seperti UPTD Pertanian, Koorwilcambidik, Kades dan sejumlah Muspika lainnya. 


"Lomba beginian, biasa seremonial doang. Selain tanpa anggaran, juga 
juaranya sudah diketahui kok, ",Sindir Camat Lemahabang, Hamdani S.Ip MM.

Menurutnya, yang di sebut sinergi diharapkannya bisa turun dari Pemkab terlebih dahulu, contohnya Bapenda dengan DPMPD. Besaran DBH ratusan juta berbanding terbalik dengan pemasukan Pajak PBB dari desa-desa yang kurang dari 10 juta, belum lagi soal rotasi, saat DPMPD usulkan nama PJs Kades dari PNS, justru di lingkungan BKPSDM memutasikan si calon Pjs itu jauh ke Kecamatan lainnya. Ada lagi sebut Camat, oknum kades mangkir dan tidak disiplin misalnya, sulit sekali dikendalikan karena memang belum ada Perbup soal kedisiplinan kepala Desa.  Jadi, sinergitas atas basah diharapkan bisa singkron."Sebatas saran saja atau masukan soal sinergitas ini, " katanya. 

Sekretaris DPMPD Karawang, Wawan Hernawan mengatakan, 
kegiatan ini merupakan upaya melihat capaian penyelenggaraan kecamatan, dan akan dievaluasi. Soal anggaran, sebutnya, itu dari semua stakeholder. Pihaknya juga ingin, APBDes di desa  pelaksananya bisa tepat, tapi ia yakin mayoritas tidak akan tepat waktu, karena setiap mau pencairan baru bikin APBDes, padahal harusnya 31 Desember sudah tuntas, agar Januari dana luncuran bisa segera cair, terlebih saat ini padahal sudah ada aplikasi Siskeudes. "Jadi yang di inginkan sinergitas ini bisa ketepatan waktu, "pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top