Jumat, Juli 12, 2019

Pembebasan Lahan Sutet PLN Sukamandi - Cilamaya Molor

 

PELITAKARAWANG.COM. -Selain pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) yang akan membangun SUTET dari Cilamaya – Cibatu Kabupaten Bekasi yang digarap PT Jawa Satu Power (JSP) atau Jawa 1, sebanyak 13 desa di Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon dan Tempuran sebelumnya juga akan menerima menerima proyek SUTT 
baru dengan 150 kV Sukamandi-Cilamaya garapan PT PLN Persero dengan luas lahan SUTT terkecil 15 x 15 meter dan terluas 25 x 25 meter pertitiknya. Kabar teranyar, Direksi proyek 147 tower tersebut berpindah ke Bandung, sehingga proses dan tahapan pembebasan lahan yang seyogyanya di garap April kemarin, molor.

Kades Cikalong, H Lili Hermanto mengaku, di desanya ada 6 titik lahan bakal pembangunan tower PLN. Sosialisasi juga di ikuti ya saat di Cilamaya Kulon, namun sampai saat ini masih belum ada kabar, kapan pembebasan lahan dan tindaklanjut tahapan proyek tersebut. Soal harga, sebut Lili, pihak PLN saat itu hitung-hitungan berdasarkan NJOP yang di bakukan lewat aturan, bukan sesuai harga pasar pada umumnya. "Iya sampai saat ini gak jelas kabarnya bagaimana, di kita padahal ada 6 titik, " katanya.

Senada dikatakan Kades Tegalwaru, Aruji Atmaja, di janjikan pembebasan lahan untuk proyeksi tower PLN itu pada April tahun ini. Namun, menjelang habis jabatan 18 Juli ini, dirinya justru semakin tidak tahu jelas lagi kelanjutannya. Apakah proyek itu terhenti atau memang mangkrak. "Iya, sudah mau habis jabatan, tapi sampai sekarang juga gak jelas lagi kabarnya, " ungkap Aruji. 

Dikonfirmasi Mantan pegawai Operasional PLN Wilayah Cirebon, Yadi 
mengatakan, dirinya memang yang saat itu menyampaikan sosialisasi proyek Sutet PLN Sukamandi - Cilamaya. Soal kabar kapan tahapan dan pembebasan lahan yang di janjikan, Yadi menyebut masyarakat dan Kades harus bersabar, karena rata-rata direksi dari Cirebon rotasi ke Bandung, karena zonasi wilayah Cirebon sedang banyak pekerjaan. Sehingga, dirinya juga belum tahu progresnya sudah sejauh mana, mengingat perpindahan tugasnya dari Cirebon ke Bandung. "Yang kita sosialisasi kemarin tetap jalan pembebasan lahannya, namun direksi pekerjaannya saja yang ke Bandung, nanti juga ada orang lapangannya, " Katanya (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top