131 Warga Telagasari Terpapar Penyakit TB Paru

PELITAKARAWANG.COM - Tuberkulosis (TB) Paru rupanya jadi penyakit langganan yang diterima Puskesmas Telagasari. Dari 14 Desa, ditemukan kasus TB semua tipe yang di obati 131 kasus dengan asumsi target temuan 11 kasus perbulan (CDR). 

Kepala Puskesmas Telagasari, H Asep Saepul Bahri MM mengatakan, dari Program TB disampaikan, bahwa kenaikan temuan angka kasus penyakit TB Paru diwilayah Telagasari meningkat.  Dari target CDR (kasus TB semua tipe yang diobati) target 1 tahun di 2019 ini, yaitu 131 kasus atau target temuan kasus sebanyak 11 kasus perbulan. Sementara, capaian CDR hingga bulan Agustus ini sudah 96 orang atau 73,28 % dan total pasien TB Paru yang masih dilakukan pengobataan sejumlah 105 pasien, Insya Alloh sebutnya, dari semua pasien ini, Puskesmas targetkan kesembuhan diangka 100%. "CDR sampai Agustus ini sudah 96 orang, insya Allah kita targetkan kesembuhan 100 persen," katanya. 

Lebih jauh Asep menambahkan, Capaian peningkatan temuan kasus TB ini, merupakan  hasil kerja keras dan aktifitas petugas P2TB yang terus aktif melakukan kegiatan Case Finding ke lapangan serta peran aktif para kader dan informasi langsung dari masyarakat di wilayah Telagasari. "Bagi kami temuan kasus TB ini bukan momok, tapi merupakan hasil kerja keras para petugas yang aktif dan kesadaran masyarakat yang untuk berobat, " Pungkasnya. (Rdi)
Diberdayakan oleh Blogger.